Tips Agar Tidak Lagi Mudah Lupa

DokterSehat.Com– Kadangkala kita kerap lupa dimana kita meletakkan kunci kendaraan, lupa tidak mengerjakan tugas, atau bahkan hal-hal yang berbahaya seperti lupa mematikan setrika atau kompor. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan mudah lupa ini berkaitan dengan melemahnya fungsi otak. Meskipun cenderung kerap terjadi pada orang tua, kini banyak anak muda yang cenderung kerap terkena masalah mudah lupa ini.

doktersehat-stres-kerja-pusing

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tidak mudah lupa.

Melatih fokus
Salah satu penyebab mudah lupa adalah sulitnya kita menempatkan fokus pada apa yang seharusnya kita lakukan. Sebagai contoh, kita diminta orang tua untuk membeli sesuatu saat kita sedang pergi ke luar rumah. Namun, karena tidak fokus, kita langsung lupa dengan permintaan ini setelahnya.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa jenis olahraga yang bisa melatih fokus seperti yoga yang bisa kita coba agar tidak mudah lupa.

Rajin berolahraga
Tak hanya membuat tubuh lebih bugar, berolahraga ternyata bisa melancarkan sirkulasi darah dan membantu pikiran menjadi lebih jernih. Hal ini tentu akan membantu kita tidak mudah lupa.

Mengkonsumsi klorofil
Klorofil yang terdapat dalam sayuran hijau ternyata bisa membantu mengatasi masalah mudah lupa. Dengan mengkonsumsinya, maka berbagai racun dan kotoran pada tubuh, termasuk yang ada dalam jaringan otak dan mengganggu daya ingat kita bisa dibersihkan. Untuk mendapatkannya, kita bisa mengkonsumsi jus yang terbuat dari sayuran hijau.

Mencatat
Agar tidak mudah lupa, kita bisa mencatat berbagai hal yang penting dan tidak mudah dilupakan. Kita pun tinggal melihat lagi catatan untuk memastikan tidak ada hal yang terlewatkan. Selain itu, kita juga bisa melatih kembali daya ingat kita dengan cara mengaitkan tugas yang diberikan pada kita dengan kata kunci tertentu yang mudah diingat.