informasi kesehatan


Tips Agar Tak Tertular Flu di Kantor

Tips Agar Tak Tertular Flu di Kantor

            

DokterSehat.com – Memasuki musim penghujan, banyak orang yang merasa daya tahan tubuhnya menurun. Akibatnya, mereka mudah tertular penyakit yang paling banyak diderita di musim penghujan, yaitu flu. Supaya flu tidak mengganggu pekerjaan akhir tahun yang harus segera diselesaikan, cegahlah sebaik mungkin. Simak tips berikut, supaya Anda tetap sehat menjelang tahun yang baru.

Virus influenza bisa terbawa hingga 6 kaki (182.88 cm) dari lokasi tempat tetesan mukosa yang terjatuh saat seseorang yang sakit flu bersin atau batuk. Jika seseorang yang sedang sakit flu bersin ke tangannya, kemudian ia memencet tombol lift, atau membuka gagang pintu, atau menggunakan handset telepon, maka virus-virus influenza bisa menyebar lewat medium tersebut. Siapa pun yang menyentuh medium tersebut sesudahnya, lalu mendekatkan tangan ke wajahnya, bisa dibilang akan tertular. Apalagi jika kondisi badan atau pikiran orang tersebut sedang tidak sehat. Orang yang sedang stres memiliki kemungkinan terjangkit lebih tinggi, karena pada saat tersebut kondisi pertahanan tubuhnya sedang turun.

Supaya virus influenza tidak hinggap dan mengganggu pekerjaan Anda, hindarilah sumber penularannya sebaik mungkin. Berikut tips pencegahan yang bisa Anda lakukan:

1. Jika Anda tahu sedang menderita flu atau penyakit menular lainnya, lebih baik tinggal di rumah sebisa mungkin.

2. Beristirahatlah sebisa mungkin dan makan makanan yang seimbang, termasuk banyak buah dan sayuran. Nutrisi yang tepat cukup membantu sistem daya tahan tubuh lebih kuat.

3. Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau sapu tangan ketika Anda batuk atau bersin.

4. Jika tak ada tisu atau sapu tangan di sekitar Anda saat ingin batuk atau bersin, dekatkan siku Anda. Sebaiknya jangan menutupnya dengan telapak tangan agar tidak menyebarkan virus tersebut saat Anda tak sengaja menyentuh tempat-tempat tertentu.

5. Jika Anda ingin mengelap sisa batuk atau bersin, sebaiknya gunakan cairan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol atau klorin.

6. Minimalisasi interaksi tatap langsun, misalnya dengan berbicara lewat telepon.

7. Usahakan untuk melawan keinginan menyentuh mata, hidung, dan mulut supaya tidak mudah terpapar virus influenza.

8. Usahakan untuk berjarak setidaknya 3 kaki (90 cm) dari satu sama lain agar tidak mudah tertular penyakit.

9. Batasi penggunaan alat yang disentuh banyak orang. Jika memang harus, cucilah tangan Anda sesering mugkin.

Menurut penelitian, saat ini masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana menjaga kebersihan, bahkan tidak tahu bahwa tindakannya bisa merugikan kesehatan orang lain, misalnya;

* Satu dari lima orang dewasa tidak mencuci tangannya setelah menggunakan toilet.

* Hanya 15 persen orang dewasa yang mencuci tangannya setelah menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin.

* Tiga dari empat orang dewasa tidak mencuci tangannya sebelum makan.

Statistik semacam ini semakin mengingatkan kita bahwa kita tidak bisa mempercayakan keadaan sekitar kita berada dalam keadaan bersih. Selain itu, kita juga bertanggung jawab atas kebersihan wilayah sekitar kita, dan harus menjaga kebersihan diri juga agar tidak menularkan virus ke orang lain.

Sumber: careerbuilder

pf button both Tips Agar Tak Tertular Flu di Kantor


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Tips Agar Tak Tertular Flu di Kantor”

  1. Nice article.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0