Tips Agar Selalu Segar Saat Bangun Pagi

DokterSehat.Com – Di dalam media sosial, kita tentu sering melihat kelakar tentang bangun tidur sebagai salah satu hal yang paling sulit dilakukan di dunia ini. Kasur di pagi hari memang seakan-akan memiliki daya gravitasi yang sangat besar sehingga akan membuat kita sulit beranjak dari tempat tidur, apalagi jika di pagi hari suhu cenderung dingin dan sangat nyaman untuk berselimut sepanjang waktu. Padahal, kita tentu harus segera bersiap untuk berangkat ke tempat kerja maupun ke tempat aktivitas lainnya bukan? Jika kita bangun dengan kondisi yang kurang nyaman, kita pun bisa mendapatkan mood yang buruk dan rasa lemas sepanjang hari. Apakah ada cara agar kita bisa selalu merasa segar saat bangun pagi?

doktersehat-tidur-pasangan

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa mendapatkan perasaan segar saat bangun tidur dengan cara memperhatikan kondisi tubuh kita saat tidur sebelumnya. Sebagai contoh, kita tentu harus membuat kamar tidur senyaman mungkin dengan suhu yang sejuk sebelum kita beranjak tidur. Dengan suhu yang sejuk, kita pun akan terhindar dari keringat berlebihan mapun dehidrasi yang akan menurunkan kualitas tidur kita. Dengan tidur yang nyenyak dan nyaman, kita pun akan terbangun dengan rasa segar dan tidak mudah lemas.

Makan malam ternyata berandil besar dalam membuat seseorang bangun tidur dengan lebih segar keesokan harinya. Dengan makan malam yang tepat waktu dan tidak terlalu malam, tubuh pun akan melakukan proses pencernaan dengan normal dan waktu tidur anda pun dilalui dengan tubuh yang benar-benar beristirahat dengan maksimal. Ada baiknya konsumsi makan malam juga tidak mengandung bahan karbohidrat, protein dari daging, dan bahan lain yang bisa membuat proses pencernaan bekerja terlalu keras dan mempengaruhu kualitas tidur.

Baca Juga:  Berbagai Manfaat Yang Akan Kita Dapatkan Dengan Meditasi Mengolah Pernafasan

Selain makan-malam, mandi di waktu anda beranjak tidur maupun setelah melakukan aktifitas seharian ternyata juga berpengaruh besar pada rasa segar saat bangun tidur. Dengan tubuh yang jauh lebih bersih dan nyaman, kita pun akan tertidur dengan lebih pulas dan pada akhirnya kita akan terbangun dengan lebih segar. Dengan adanya fakta ini, anda tentu akan berpikir ulang untuk tidak mandi di sore atau setelah aktifitas seharian, bukan?