Tips Agar Pori-Pori Kulit Wajah Mengecil

DokterSehat.Com – Pori-pori pada kulit adalah bagian kulit yang mampu mengeluarkan kandungan minyak alami yang bisa menjaga kelembaban kulit. Selain itu, dari pori-pori inilah keringat kita akan keluar saat kita merasa kepanasan. Biasanya, pori-pori memiliki ukuran yang cukup kecil dan bahkan tidak terlihat. Sayangnya, bagi beberapa orang, pori-pori bisa memiliki ukuran yang besar sehingga akan sangat mengganggu penampilan. Apakah ada cara agar kita bisa mengecilkan pori-pori kulit, khususnya pada bagian wajah?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Tips pertama untuk mengecilkan pori-pori dengan aman adalah dengan memakai produk pembersih wajah dengan bahan alami. Mengapa harus bahan alami? Karena beberapa produk pembersih yang memakai bahan kimia justru akan membuat kulit kita akan menjadi kering dan meradang. Setelah memakai pembersih dari bahan alami, ada baiknya kita membasuh muka kita dengan air hangat. Setelah itu, kulit wajah ditepuk-tepuk dengan lembut dengan handuk, bukannya dilap dengan kasar. Gunakan produk pelembab pada kulit wajah dan kemudian pori-pori kita pun akan menjadi lebih mengecil dengan alami.

Ada cara unik untuk membuat pori-pori wajah mengecil, yakni dengan cara memakai masker yang terbuat dari tanah liat. Masker ini bisa dipakai setelah kita selesai memakai produk pembersih. Tanah liat yang sudah dicairkan bisa dioleskan ke kulit yang memiliki pori-pori yang besar. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan segera basuh muka dengan air hangat. Setelah itu, kulit wajah bisa dikeringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk yang lembut.

Kita juga bisa memakai produk perawatan kulit wajah yang bisa mengelupaskan sel kulit mati. Seringkali, besarnya pori-pori kulit wajah terjadi karena sel kulit mati dan minyak menutupi pori-pori kulit. Untuk mengelupaskan sel kulit mati, kita bisa memakai scrub dari bahan alami perpaduan dari teh hijau, gula halus, dan juga madu.