Tips Agar Pembalut Aman Dan Nyaman Dipakai

Dokter Sehat – Pada umumnya tingkat kelembaban vagina pada saat siklus menstruasi berlangsung menjadi lebih lembab dari biasanya. Untuk itu, setiap perempuan harus memperhatikan kondisi organ intim tersebut setiap saat. Jika tidak maka yang terjadi adalah perkembangbiakan mikroorganisme yang tidak diinginkan. Kelalaian semacam ini dapat mengakibatkan vagina mengalami gangguan seperti bau tak sedap, infeksi serta keputihan yang tidak wajar.



Untuk menjaga kelembab vagina saat menstruasi, Anda perlu memperhatikan pembalut yang Anda gunakan. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan agar vagina Anda tetap sehat.

1.Tes kebersihan pembalut
Cara sederhana ini bisa mengintip apabila ada hal yang mencurigakan dalam pembalut Anda. Pertama, nyalakan lampu, kemudian buka pembalut Anda dari pembungkusnya. Dekatkan pada lampu dan Anda bisa melihat bayangan dari bagian dalam pembalut. Bila tak ada hal yang mencurigakan, berarti bagian dalam pembalut aman.

2.Tes kenyamanan pembalut
Anda yang menentukan apakah Miss V Anda bersahabat dengan pembalut yang Anda gunakan atau tidak. Yang pasti cara mengetes kenyamanannya adalah dengan menggunakannya. Saat menggunakan pembalut, apakah Anda merasa gatal dan kurang nyaman? Apakah Anda mengalami keputihan?

Bila iya, coba ganti pembalut per 3 jam. Bila Anda masih merasakan hal yang sama, tandanya pembalut tersebut tidak cocok dengan Anda. Gunakan pembalut merk lainnya yang mungkin lebih tipis, lebih kering, lebih empuk, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3.Daya serapnya bagus
Pembalut yang baik memiliki daya serap yang baik. Bila mudah bocor, mungkin bahan yang digunakan kurang berkualitas. Pastikan juga permukaannya tak membuat Anda merasa lecet atau gerah, karena bila pembalut berkualitas, maka akan tetap membuat Anda kering dan nyaman.

Baca Juga:  Kapan Waktu yang Tepat Merawat Vagina?

4.Ganti pembalut secara rutin
Ganti pembalut yang Anda gunakan setiap 3-4 jam sekali, dengan demikian Anda tidak akan mudah merasa gatal dan kabarnya cara ini bisa mencegah resiko penyakit pada Miss V. Selain itu, jangan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Hindari duduk dengan melipat kaki agar Miss V bisa bersirkulasi.

Cobalah cara di atas untuk mencegah keputihan, rasa tidak nyaman saat pakai pembalut dan mengecek apakah Anda cocok dengan pembalut tersebut atau tidak. Semoga bermanfaat, Ladies.