Tips Agar Patah Tulang Cepat Sembuh

DokterSehat.Com – Patah tulang memang sangat berpotensi membuat seseorang terhalangi untuk melakukan kegiatan sehari-hari, apa lagi tulang yang patah itu merupakan tulang yang sangat berperan menopang tubuh misalnya tulang paha, kaki atau bahkan tulang belakang. Bisa lama sekali tidak bisa kemana-mana secara mandiri, sedangkan proses penyembuhan atau penyambungan tulang yang patah tersebut dapat memakan waktu mingguan, bulanan, atau bahkan bertahun-tahun tergantung pada tingkat keparahannya, jenis tulang serta jenis patah tulangnya (fraktur). Patah tulang dapat menyembuh dalam waktu yang singkat yakni sekitar tiga minggu untuk daerah seperti jari-jari kaki, sedangkan untuk paha bisa membutuhkan waktu selama 24 minggu.



Berikut cara cepat penyembuhan patah tulang :

  • Tingkat asupan kalsium
    Kalsium adalah nutrisi penting yang bertanggung jawab untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Kalsium ini juga di serap oleh tubuh bersama dengan vitamin D. Peningkatan asupan kalsium akan membantu mempercepat pemulihan atau penyembuhan patah tulang. Kalsium ini bisa Anda dapatkan dalam produk susu, sayuran dan saat ini banyak tersedia dalam bentuk suplemen. Salah satunya Nutrient Calcium Powder, yang sudah teruji dan terbukti mampu membantu mempercepat penyembuhan patah tulang. Produk ini memiliki kadar kandungan kalsium yang sangat tinggi, mencapai 4000mg/100gr atau 40 kali lipat dari susu sapi biasa
  • Minum teh
    Minum teh setidaknya 5 cangkir, khususnya teh hijau. Teh Hijau kandungan anti-oksidannya yang tinggi, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Teh hijau telah di gunakan di Cina selama berabad-abad karena memiliki sifat menyembuhkan, termasuk penyembuhan patah tulang.
  • Penijatan
    Pemijatan bermanfaat untuk membantu meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke seluruh tubuh. Jika Anda memijat jaringan lunak di sekitar tulang yang patah, ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah serta peningkatan aliran nutrisi yang akan membantu patah tulang sembuh lebih cepat. Tapi pemijatan harus ringan dan lembut jangan berpotensi menggeser tulang yang akan menyambung.
  • Terapi panas
    Pemanasan pada daerah tulang yang retak atau patah akan membantu meningkatkan aliran darah dan kemudian akan membantu dalam perbaikan tulang. Anda dapat melakukan dengan berbagai cara. Diantaranya bisa menggunakan handuk yang sudah di rendam dalam air panas kemudian di gunakan untuk kompres. Atau Anda bisa mandi air hangat. Lakukan tiga kali sehari selama 30 menit. Cara ini terutama untuk patah tulang yang tidak di sertai luka di sekitarnya, karena jika terdapat luka yang belum kering atau sembuh malah akan berpotensi menimbulkan infeksi.
  • Latihan
    Latihan berperan sangat penting dalam membantu memperkuat otot-otot di area yang terlibat. Latihan untuk patah tulang atau retak harus di lakukan dengan hati-hati dan harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.
  • Berhenti merokok
    Perokok memiliki kepadatan mineral tulang yang kurang di bandingkan non-perokok. Studi ini juga menunjukan bahwa perokok memiliki waktu rata-rata penyembuhan lebih lama karena merokok dapat menggangu aliran darah.