Tips Agar Morning Sickness Bisa Mudah Reda

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang sangat sering dirasakan oleh ibu hamil, khususnya yang masih dalam usia kehamilan muda adalah morning sickness atau mual-mual dan mutan-muntah. Rasa mual ini biasanya terjadi pada pagi hari mengingat saat bangun pagi, perut ibu hamil berada dalam kondisi kosong. Sebelum membuat ibu hamil semakin menderita karena tentu akan mengurangi selera makan, maka ibu hamil bisa melakukan beberapa tips untuk meredakan morning sickness seperti sebagai berikut.

doktersehat-sakit-pusing-hamil-eklamsia

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan camilan layaknya kue kering yang bisa segera dikonsumsi setelah bangun tidur. Akan lebih baik jika kue atau camilan ini memiliki kandungan karbohidrat yang bisa meringankan rasa sakit pada perut dan mencegah rasa mual akan muncul. Selain itu, ibu hamil juga harus memperhatikan apa yang Ia konsumsi saat makan besar, mengingat beberapa jenis makanan bisa memicu rasa mual dan pada akhirnya membuat makanan yang dikonsumsi dimuntahkan kembali. Sebagai contoh, ibu hamil akan cenderung lebih mudah merasa mual jika mengkonsumsi makanan berlemak atau yang terasa pedas, maka selama masa kehamilan ini ada baiknya ibu hamil membatasi konsumsi makanan-makanan ini agar tidak mudah mengalami morning sickness.

Jika mual-mual sudah dirasakan, ibu hamil tentu harus tetap mengkonsumsi makanan yang akan sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin sehingga resiko mual dan muntah bisa dikurangi. Selain itu, sediakanlah minuman yang terbuat dari jahe yang hangat atau bahkan sekadar permen jahe yang diyakini bisa meredakan rasa mual pada ibu hamil. Jika tidak, maka cobalah meminum teh peppermint yang bisa membuat saluran pencernaan lebih nyaman dan rasa mual pun bisa diminimalisir.

Baca Juga:  TETANUS, Penyakit Mematikan Karena Luka

Jika ibu hamil sudah terlanjur muntah-muntah, cobalah untuk menurunkan resiko terkena dehidrasi karena tentu banyak asupan cairan yang ikut keluar. Andai anda masih belum bisa meminum air putih karena rasa mual yang sangat hebat, cobalah untuk menghisap es batu yang bisa menurunkan rasa mual sekaligus membantu mengataasi dehidrasi. Ibu hamil juga harus pandai-pandai mengelola stressnya karena dengan pola pikir yang sehat, resiko morning sickness juga akan bisa semakin menurun.