Tips Agar Kita Bisa Lepas Dari Kecanduan Gula

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, manusia modern kini telah mengalami kecanduan yang cukup berlebihan dalam mengkonsumsi gula atau makanan-makanan manis yang banyak mengandung gula. Makanan yang manis sendiri memang akan terasa sangat nikmat untuk dikonsumsi mengingat efeknya yang sangat menenangkan dan membuat santai. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga akan rela mengkonsumsi kue, permen, atau beberapa biskuit manis yang bisa membuat banyak masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Apakah ada cara agar kita bisa terbebas dari kecanduan gula?

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Meskipun terlihat berat, mau tidak mau kita harus mulai menata ulang apa saja makanan yang ada pada lemari es atau dapur kita. Cobalah untuk mulai menyingkirkan makanan-makanan manis dan kaya akan gula dari tempat-tempat tersebut sehingga kita pun tidak akan mudah tertarik untuk mengkonsumsinya. Andaipun anda ingin menyediakan makanan manis sebagai selingan, maka ada baiknya anda membuat makanan manis sendiri yang terbuat dari bahan pemanis alami yang jauh lebih sehat.

Tips kedua agar terlepas dari kecanduan gula adalah dengan tidak lagi menunda-nunda makan saat waktunya sudah tiba. Sebagai contoh, jika kita sering meninggalkan sarapan, maka kita pun akan lebih mudah tergoda untuk mengkonsumsi camilan yang manis-manis sebelum waktu makan siang tiba. Segeralah makan jika memang sudah waktunya dan makanlah makanan yang sehat dengan kombinasi karbohidrat, serat, protein, dan lemak sehat yang seimbang sehingga kadar gula darah pun tetap dalam kondisi seimbang. Andaipun kita merasa lapar diantara waktu makan, cobalah ganti camilan kaya gula dengan camilan sehat layaknya buah-buahan.

Tips terakhir untuk menurunkan kecanduan gula adalah dengan mulai rutin melakukan olahraga di bawah sinar matahari. Selain itu, cobalah untuk mulai menata waktu tidur dengan lebih baik. Pakar kesehatan menyebutkan jika gaya hidup sehat ini akan mulai membuat tubuh tidak mudah tergoda dengan asupan kaya gula yang bisa memicu masalah diabetes yang sangat berbahaya.