Tips Agar Ibu Hamil yang Tetap Bekerja Bisa Selalu Sehat

DokterSehat.Com– Meskipun ibu hamil memang sebaiknya banyak beristirahat, mereka masih tetap bisa bekerja. Hanya saja, ibu hamil memang sebaiknya memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungannya agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yang tetap bekerja.

kehamilan-kembar-doktersehat

Memperhatikan posisi duduknya
Ibu hamil harus memastikan bahwa dirinya duduk dalam posisi yang nyaman dan rileks. Jangan sampai posisi duduk membuatnya cenderung membungkuk ke depan saat memakai komputer karena bisa menekan perutnya. Selain itu, pastikan untuk tidak duduk terlalu lama dan selalu menyempatkan diri untuk berdiri, melakukan peregangan, atau berjalan kaki.

Memakai sandaran kaki
Pakailah sandaran kaki yang nyaman mengingat saat hamil, ibu rentan terkena masalah kaki membengkak. Jika di meja kerja tidak ada sandaran kaki, ibu bisa menyiapkan bangku kecil yang bisa dipakai sebagai sandaran kaki.

Jangan sampai kelelahan
Beristirahatlah jika sudah merasa lelah. Biasanya rekan kerja atau bahkan atasan bisa mengerti dengan kondisi ibu hamil yang memang banyak membutuhkan waktu istirahat sehingga tidak perlu sungkan untuk melakukannya.

Menjaga asupan makanan yang sehat
Meskipun sibuk bekerja, pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang. Selain itu, pastikan untuk membatasi makanan yang kurang sehat layaknya makanan cepat saji.

Jaga emosi
Jika pekerjaan mulai membuat stress, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam atau mencari udara segar di luar kantor agar pikiran bisa menjadi lebih rileks.

Rajin memeriksakan kandungan
Dengan rutin memeriksakan kondisi kandungan, maka ibu hamil bisa mengetahui perkembangan janin dengan baik dan bisa mendapatkan saran yang tepat untuk memastikan bayinya tumbuh dengan baik dan sehat.