Tips Agar Ibu Hamil Tidak Terlalu Kesakitan Saat Melahirkan

doktersehat-Plasenta-Previa-hamil
Photo Credit: Praveen Kumar

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang ditakutkan oleh ibu hamil menjelang proses persalinan adalah kemungkinan akan merasakan sakit yang luar biasa saat melakukannya, apalagi jika ini adalah untuk pertama kalinya akan melahirkan. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil demi mengurangi rasa sakit saat persalinan seperti sebagai berikut.

Relaksasi
Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk melakukan relaksasi menjelang dan saat melakukan proses persalinan. Saat mulai merasakan kontraksi, cobalah untuk mengalihkan pikiran dari rasa nyeri, menarik nafas panjang, dan cobalah untuk mengendurkan otot. Jika perlu, dengarkan musik yang anda sukai demi mengalihkan stress.

Mengatur nafas
Salah satu kunci untuk menurunkan rasa sakit saat melahirkan adalah dengan mengatur nafas. Tariklah nafas melalui hidung dan hembuskan secara perlahan lewat mulut. Dengan melakukannya, pikiran akan menjadi lebih rileks dan kita pun akan mengalihkan perhatian dari rasa nyeri.

Memakai terapi air
Sebelum ibu mengalami bukaan sebesar 5 cm, mereka bisa berendam di air hangat demi menurunkan rasa sakitnya. Hanya saja, jika bukaannya sudah mencapai ukuran tersebut, ada baiknya ibu tidak lagi melakukannya.

Tetap bergerak
Sebelum memasuki ruang persalinan, duduklah dengan posisi tegak atau lakukan posisi sujud yang mampu menurunkan rasa sakit. Dengan melakukan beberapa gerakan tersebut, maka kita bisa membantu janin memasuki ruang panggul agar bisa lebih mudah untuk melahirkan.

Memijat punggung
Memijat punggung bisa menurunkan ketegangan dan rasa nyeri pada otot. Ibu bisa meminta keluarganya untuk melakukan pemijatan ini demi menurunkan rasa sakit.

Memberikan kompres hangat
Cobalah untuk mengompres bagian tubuh antara organ vital dan dubur dengan air hangat untuk menurunkan rasa nyeri sekaligus mencegah robekan pada bagian organ vital saat melahirkan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik