Tips Agar Bisa Hamil Anak Kembar

DokterSehat.com – Banyak ibu hamil yang menginginkan bayi kembar, memang memiliki bayi kembar nampaknya sangat menyenangkan. Melihat si kembar begitu rukun dan bermain bersama, akan memberi keceriaan tersendiri bagi keluarga.

5

Namun memiliki anak kembar pun tidak gampang. Selain karena faktor genetika dan konsultasi dengan dokter fetilisasi, Anda juga bisa mencoba tips-tips berikut ini:

– Menikah dengan pria yang lahir kembar

Dipercaya bahwa jika salah satu atau kedua orang tuanya kembar, maka kemungkinan untuk melahirkan bayi kembar semakin besar.

Mengonsumsi Ketela

Orang-orang suku Yaruba di Nigeria dilaporkan memiliki tingkat kelahiran kembar yang tinggi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa konsumsi ketela yang tinggi dalam pola dietnya ikut berperan besar.

Ketela masuk dalam keluarga umbi-umbian, yang merupakan sumber fitoestrogen dan progesteron. Kehadiran bahan kimia ini dapat membantu hiper-ovulasi. Orang yang mengonsumsi ketela liar telah dilaporkan memiliki tingkat kelahiran kembar tinggi.

Mengonsumsi olahan susu

Hasil penelitian dalam hal ini yang telah ditemukan adalah, jika Anda mengonsumsi olahan susu seperti keju dan yogurt, maka kemungkinan hamil bayi kembar menjadi lima kali lebih besar. Jadi, Anda dapat mencoba olahan-olahan susu ini agar memiliki bayi kembar.

Mengonsumsi asam folat

Penelitian telah mengaitkan konsumsi asam folat dengan kelahiran kembar. Makanan seperti kacang-kacangan, bayam dan buat bit adalah makanan kesuburan yang baik karena kaya akan asam folat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim Australia menemukan bahwa kemungkinan memiliki anak kembar meningkat sebesar 40 persen pada wanita yang banyak mengonsumsi makanan atau suplemen asam folat ketika mencoba untuk hamil.

Karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran adalah makanan yang sangat baik jika ingin mengalami kehamilan kembar. Nutrisi ini dapat meningkatkan ovulasi tanpa memicu kenaikan insulin.

Baca Juga:  Musim Durian Datang, Yuk Kenali Fakta Kesehatan tentang Buah Ini!

Tingkatkan berat badan

Hal ini juga telah diteliti, bahwa orang-orang yang tinggi lebih mungkin untuk hamil anak kembar. namun jangan khawatir, selain tinggi, Anda juga bisa menaikkan berat badan Anda. Karena untuk hamil anak kembar, Anda butuh energi yang banyak.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar dapat hamil anak kembar. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan agar kandungan Anda tidak terganggu. Ada baiknya juga Anda mengkonsultasikan seberapa banyak Anda boleh mengonsumsi hal-hal di atas kepada dokter.

Semoga bermanfaat bunda 🙂