Tips Agar Anak Dapat Minum Obat

DokterSehat.Com – Masa anak-anak adalah masa dimana ia lebih sering berkunjung ke rumah sakit sebab normalnya pada masa ini kita lebih mudah mengalami sakit dibandingkan saat masih dewasa. hal ini disebabkan karena selama masa balita sistem imun tubuh masih sangat kurang dan bahkan sangat minim sehingga penyakit apapun menjadi sangat mudah sekali masuk. tak heran bila seorang bayi dapat sakit hingga beberapa kali dalam sebulan dan itu normal karena tubuhnya akan membentuk antibody terhadap penyakit tertentu. Imunisasi juga merupakan jenis pemberian vaksin terhadap bayi agar ia tidak mudah terkena sakit nantinya. Saya masih ingat ketika adik saya yang masih kecil sangat susah sekali untuk diberikan obat sebab rasanya yang sangat pahit dan harus diminum beberapa kali membuat kita enggan untuk meminum obat. namun kita tetap saj dipaksa demi kesembuhan diri.



Nah bagi orang orang tua diperlukan beberapa tips khusus agar anak mau minum obat dengan mudah, berikut caranya :

  • Jangan biarkan anak minum sendiri
    Seorang ibu dan ayah harus memberi anaknya obat dengan pengawasan darinya sebab dokter telah menetapkan takaran dan jumlah yang harus diminum dalam sehari. Takutnya bila anak anda minumnya kurang atau dari takaran bisa jadi obatnya tidak manjur dan bila ia minumnya berlebihan  bahkan  dapat menyebabkan over dosis.
  • Haluskan atau kecilkan obat
    Sering kali bagi anak-anak dimana obat yang diberikan itu berukuran lebih besar sehingga susah ditelan. Ketika obat tersangkut di leher maka rasa pahit akan semakin menjadi-jadi. Oleh karena itu potonglah menjadi kecil-kecil agar dapat ditelan dengan mudah anak anda.
  • Hindari hukuman
    Tidak ada anak yang suka minum obat karena rasanya yang pahit. Wajarnlah bila andak anda menjati takut namun hindari menghukum anak sebab efeknya secara psikologis kurang baik untuk anak anda.
  • Beri minum pada posisi yang tepat
    Posisi yang tepat untuk minum obat adalah dengan berdiri atau posisi 45 derajat serta hindari minum obat dalam posisi tidur sebab dapat membuat anak tersedak dan menyakitkannya.
  • Berilah sesuatu yang manis-manis
    Rasa pahit dari obat dapat dihilangkan dengan memberikan sesuatu yang rasanya manis seperti minuman teh atau jus.Berilah ia minuman manis sebelum minum obat atau setelah minu obat sehingga rasa pahitnya dapat segara hilang.
  • Campurlah dengan makanan kesukaannya
    Obat-obatan sebaiknya dimasukkan bersama dengan makanan yang ia makan sehingga rasa pahitnya tidak terlalu terasa bagi anak. Dengan demikia ia akan lebih senang minum obat.
Baca Juga:  Stres Juga Bisa Menyebabkan Cegukan

Nah itulah beberapa Tips agar anak dapat minum obat yang perlu diperhatikan orang tua.