informasi kesehatan


Tinja Berdarah Tanda Radang Usus

Tinja Berdarah Tanda Radang Usus

            

Doktersehat.com – Jangan anggap sepele radang usus karena bisa saja mengakibatkan masalah yang lebih fatal seperti Ulcerative Colitis.

Ulcerative Colitis merupakan jenis penyakit radang usus yang mengganggu lapisan usus besar dan rektum. Peradangan ini menghancurkan sel-sel yang melapisi dinding usus. Akibatnya, dalam usus besar muncul bisul atau luka yang menimbulkan ketidaknyamanan pada pasien.

Penyebab

Belum diketahui penyebab munculnya Ulcerative Colitis. Namun, penderita penyakit ini biasanya memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuhnya.

Penyakit ini bisa terjadi pada orang dengan segala usia. Tapi, penyakit ini banyak terjadi pada pada usia 15 – 30 tahun dan bisa terjadi pada rentang usia 50 – 70 tahun.

Gejala

Penyakit ini diawali dari area dubur yang kemudian menjalar ke usus besar. Hal ini juga dapat dimulai di rektum dan bagian lain dari usus besar pada waktu yang sama. Berikut ini gejala munculnya Ulcerative Colitis:

1. Demam

2. Berat badan terganggu

3. Nyeri dubur (tenesmus)

4. Sering diare

5. Terdapat lendir, nanah, dan darah dalam tinja

6. Nyeri perut dan kram

Sumber: okezone.com

pf button both Tinja Berdarah Tanda Radang Usus


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Tinja Berdarah Tanda Radang Usus”

  1. Didi Y. says:

    Saya sudah colonoscopy dan ditemukan radang/luka pada usus besar. Hasil biopsi menunjukkan sel tidak aktif, jadi bukan kanker.

    Saya sudah minum teratur obat dokter selama 4 bulan tapi belum berkurang pendarahan yg muncul ketika BAB. Sehari bisa 6-7x BAB.

    Kemanakah saya cari second opinion? Apakah memang lama pengobatannya? Makanan apa yg harus dihindari (sambal, santan, bandrek, asam2 ayam, kopi)?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0