Tingkatkan Produktivitas Anda Dengan Tidur Singkat Saat Waktu Istirahat

DokterSehat.Com – Jangan pernah sia-siakan waktu istirahat yang diberikan saat jam kerja. Selain dipergunakan untuk makan siang, cobalah untuk melakukan tidur siang meskipun hanya dalam waktu singkat. Alih-alih melakukan obrolan yang kurang bermanfaat dan cenderung kembali membahas pekerjaan yang bisa membuat pikiran anda tetap stress, cobalah mengambil waktu istirahat yang bisa membuat tubuh anda kembali bugar dan kembali produktif saat terbangun.

doktersehat-mata-kerja

Beberapa orang meyakini mitos tentang mereka yang tertidur saat jam istirahat siang adalah orang yang pemalas. Padahal, dengan tidur siang meskipun sejenak, kita bisa membuat tubuh “merestart” ulang energinya dan pada akhirnya akan membuat tingkat kewaspaan dan konsentrasi meningkat, serta kemampuan memori, kreativitas, dan produktifitas pun menjadi jauh lebih baik. Beberapa orang yang terlalu takut untuk tidur di tempat kerja juga sebaiknya membuang jauh-jauh rasa takut ini. Waktu istirahat harus benar-benar dimaksimalkan untuk beristirahat karena akan membuat dampak positif bagi produktifitas anda saat anda terbangun. Andai anda sulit tidur di meja kerja anda, anda bisa mencari taman, mobil, atau bahkan tempat ibadah yang sekiranya bisa menjadi lebih nyaman untuk tidur siang.

Saat terbangun, kepala kita memang akan cenderung pening dan kebingungan. Pakar kesehatan berkata jika reaksi tubuh ini masih wajar dan menyebutnya sebagai sleep inertia; sebuah kondisi dimana tubuh hanya tidur dalam waktu yang kurang dari 30 menit saja. Kondisi ini hanya akan berlangsung beberapa saat anda karena anda justru akan kembali lebih segar dari waktu sebelum anda melakukan tidur siang sehingga siap untuk bekerja.

Jika anda telah mengantuk, jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan anda terlebih dahulu karena bisa jadi tugas anda justru akan kacau-balau, apalagi jika anda mengerjakannya dengan rasa kantuk. Dengan tidur sejenak berdurasi 10 hingga 30 menit, anda justru akan menjadi lebih baik dalam mengerjakan tugas-tugas anda sehingga pekerjaan pun akan terselesaikan dengan jauh lebih baik.