Tingkatkan Konsentrasi dengan Makanan Ini

DokterSehat.Com – Konsentrasi pada sesuatu yang ada di depan mata sangat diperlukan dalam aktivitas sehari-hari baik dalam lingkungan sekolah, pekerjaan, dan sebagainya. Namun, tak sedikit yang mengeluhkan sulit untuk mempertahankan konsentrasi pada suatu hal. Banyak diantara mereka mencari obat untuk meningkatkan dan mempertahankan konsentrasi. Namun sebaiknya Anda jangan terburu-buru dan menunda meminta obat karena sebenarnya disekitar kita banyak makanan alami yang dapat membantu dalam berkonsentrasi. Berikut adalah beberapa diantaranya:

shutterstock_304751963 copy

  1. Ikan merupakan sumber protein yang baik untuk kesehatan otak karena kaya asam lemak omega 3. Lemak sehat ini jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi berhubungan dengan menurunnya risiko stroke dan demensia, dan juga memperlambat kemunduran mental. Omega 3 ini juga memiliki peran penting dalam mempertahankan memori. Disarankan untuk mengkonsumsi dua kali ikan dalam seminggu.
  2. Kafein dapat memberikan energi dan membantu dalam berkonsentrasi. Kafein dapat ditemukan di kopi, minuman berenergi, coklat, dan beberapa obat. Kopi memberikan efek “membangunkan” meskipun hanya sementara. Konsumsi kafein juga harus dibatasi karena minum terlalu berlebih justru menimbulkan rasa tidak nyaman.
  3. Gula, merupakan sumber bahan bakar utama pada otak. Namun gula yang dimaksudkan adalah gkukosa yang dihasilkan dari gula. Ini menyebabkan konsumsi segelas minuman manis jangka pendek dapat meningkatkan memori, berpikir, dan kemampuan mental.
  4. Jangan lupakan sarapan. Makan pagi atau sarapan dapat meningkatkan memori jangka pendek dan konsentrasi. Mereka yang terbiasa sarapan cenderung memiliki performa lebih baik dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Namun, jumlah sarapan juga tetap harus dibatasi, jangan terlalu banyak.
  5. Kacang dan Biji-bijian, sangat baik sebagai sumber vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan, yang dikaitkan untuk mencegah penurunan kognitif. Selain itu, coklat jenis dark chocolate juga memiliki manfaat sebagai stimulan alami yang dapat digunakan untuk mempertahankan fokus.
  6. Buah-buahan misalnya alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolestrol, sehingga mengurangi juga pembentukan plak dan memelihara aliran darah, sehingga sel-sel otak tetap terjaga.
  7. Vitamin dan suplemen. Banyak laporan mengatakan bahwa kekuatan otak dapat ditingkatkan dengan suplemen seperti vitamin B, C, E, beta-karoten, dan magnesium. Namun demikian, suplemen kurang dianjurkan, dan hanya digunakan untuk mereka yang memiliki kekurangan dalam nutrisi tertentu. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen tertentu, Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapat pemahaman lebih lanjut.
Baca Juga:  Mengatasi Diare Pada Anak Dibawah 1 Tahun

Di atas adalah sedikit tips memilih makanan yang dapat meningkatkan kemampuan otak. Namun makanan yang masuk ke tubuh kita perlu didukung dengan kebiasaan-kebiasaan baik lainnya seperti tidur malam yang cukup dan berkualitas, membuat tubuh jangan sampai dehidrasi dengan minum air yang cukup, melatih diri untuk mempertajam ingatan, dan meditasi dapat dilakukan untuk merelaksasi pikiran.