Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Ini!

DokterSehat.Com – Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, para ahli gizi juga menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat supaya daya tahan tubuh dapat meningkat.

doktersehat-pria-makanan-bergizi-sehat-sayur-buah-bahagia-diet-sindrom-metabolik

Menurut Heather Mangieri dari Akademi Gizi dan Diet Amerika Serikat. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bonusnya, tubuh Anda mampu menangkal serangan penyakit menular seperti flu. Oleh sebab itulah kurangnya zat gizi mikro dapat mengurangi daya tahan tubuh.

Mangieri menjelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh tidak menjamin Anda aman dari serangan flu. Tapi, setidaknya Anda memperoleh pertahanan yang kuat. Nutrisi yang baik sangat penting untuk respon kekebalan tubuh yang kuat. Berikut jenis makanan alami yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh:

Protein
Protein merupakan salah satu zat penting yang berguna meningkatkan pertahanan tubuh. Sumber protein yang dapat Anda konsumsi antara lain, telur, makanan laut, unggas, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian tanpa tambahan garam.

Vitamin A
Vitamin A mampu mencegah terjadinya infeksi dengan menjaga kulit dan jaringan di lambung, kulit, usus, dan paru-paru agar tetap sehat. Makanan yang kaya vitamin A dapat diperoleh dari wortel, ubu jalar, bayam, kangkung, dan paprika merah. Selain itu, vitamin A juga mampu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C
Vitamin C yang terdapat dalam pepaya, stroberi, jeruk, dan jambu biji dapat meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh.

Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat memicu imunitas tubuh. Anda bisa dapatkan vitamin E dalam selai kacang, almond, biji bunga matahari, bayam, atau hazelnut.

Zinc
Zinc dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber zat gizi ini dapat Anda dapatkan dalam tahu, susu, gandum, kepiting, daging sapi tanpa lemak, dan kacang polong.