Tinggi Badan dan Pertumbuhan Tulang Rawan

Doktersehat.com – Banyak yang menginginkan untuk memiliki pertumbuhan tulang yang kaya akan kalsium dan berpostur tubuh tingi.Hal ini dipengaruhi oleh pertumbuhan tulang rawan. Sistem kerangka berasal dari lapisan mesoderm kuman. Chondrification (juga dikenal sebagai chondrogenesis) adalah proses dimana tulang rawan terbentuk dari jaringan mesenkim kental, yang membedakan ke dalam kondrosit dan mulai mensekresi molekul yang membentuk matriks ekstraselular: rovolution.



Sel-sel blast rangka yang mengekspresikan faktor transkripsi Sox9, diikuti oleh ekspresi terus Sox5 dan Sox6, berkembang menjadi prekursor chondroblast, sementara mereka yang mengekspresikan Runx2, diikuti oleh osterix berkembang menjadi prekursor osteogenic.

Diferensiasi condroblastic lebih disukai di daerah bawah kekuatan tekan dan pO 2 rendah karena downregulate BMP3, yang biasanya menghambat diferensiasi kartilago.

Diferensiasi osteogenic disukai bawah netral atau ringan, kekuatan tarik intermiten dan pO 2 yang relatif tinggi, yang mengarah ke upregulation BMP4. Kekuatan tarik tinggi nikmat pembentukan jaringan ikat tendon.

pada saat bayi, jumlah tulang kita ada sedikitnya sekitar 300 buah yang lebih banyak terdiri dari tulang rawan. Ketika kita beranjak dewasa, maka tulang rawan ini menjadi tulang-tulang yang kita miliki sekarang. Proses ini disebut dengan osifikasi dan untuk masing-masing tulang memiliki proses berbeda-beda dalam mencapai pertumbuhannya.

Umumnya, pada wanita lebih dahulu mencapai pertumbuhan maksimal yang didapatkan sebelum terjadi menstruasi. Pertumbuhan tulang sendiri baik, tulang lengan dan kaki, biasanya didapatkan maksimal sekitar usia 15-20 tahun. Lebih dari usia itu, biasanya sudah sulit untuk terjadi pertumbuhan tinggi badan lebih lanjut.

Mengenai masalah stretching yang bisa menyebabkan pertumbuhan tulang punggung dan menambah tinggi badan, saya belum pernah menemukan teori atau jurnal ilmiah yang mengonfirmasikan hal tersebut. Tetapi memang beberapa kali diulas mengenai densitas atau kepadatan tulang yang berkurang bila melakukan stretching. Untuk hal tersebut, yang masih saya ragukan apakah benar atau tidak tubuh bertambah tinggi bila hanya dengan stretching.

Baca Juga:  Penyebab Dari Penyakit Batu Ginjal

Menyoal pemakaian kalsium sebagai salah satu suplemen, memang sering disarankan. Akan tetapi, bukan berarti bahwa adanya asupan kalsium akan menyebabkan tulang bertumbuh secara cepat. Kembali lagi, faktor gentika juga sangat berperan di dalamnya. Selain itu, beberapa hal akan berpengaruh dalam pertumbuhan tulang seperti peranan hormon endokrin, mineral lainnya, vitamin D, nutrisi yang cukup, aktivitas fisik , dan banyak faktor lain yang berperan dalam pertumbuhan.

Sumber : kompas.health.com & news-medical.net