Tinggal di Rumah Mertua Menurunkan Kesuburan Istri

DokterSehat.Com– Cukup banyak pasangan suami istri yang masih tinggal di rumah salah satu orang tuanya. Biasanya, hal ini disebabkan karena mereka masih belum punya tempat tinggal sendiri atau merasa memiliki kewajiban untuk merawat orang tuanya. Tak disangka, sebuah penelitian menyebutkan bahwa tinggal bersama dengan mertua ternyata bisa memberikan pengaruh bagi kesuburan istri.

doktersehat-pasangan-couple-masalah-seks-impotensi-ejakulasi-dini-klamidia

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan di University of Vienna, Austria dan dilakukan setelah mengecek data dari 2,5 juta wanita di seluruh dunia, disebutkan bahwa wanita yang tinggal bersama dengan ibu kandung atau mertuanya cenderung memiliki anak yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang sudah tinggal di rumahnya sendiri.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Royal Society Open Science ini, disebutkan bahwa penyebab dari menurunnya kesuburan istri ini disebabkan oleh kecenderungan mereka untuk tidak memiliki anak tatkala tinggal bersama dengan ibu kandung atau ibu mertua. Bisa jadi hal ini disebabkan karena para wanita ini tidak ingin adanya tambahan anak membuat mereka tidak benar-benar bisa merawat orang tuanya.

Data yang diambil pada penelitian ini adalah wanita yang sudah menikah dengan rentang usia 15 hingga 34 tahun yang berasal dari 14 negara, termasuk dari Amerika Serikat, Argentina, dn Irak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1,47 persen wanita dari Amerika Serikat masih tinggal bersama dengan ibu mertuanya, kontras dari 53 persen wanita yang ada di Iraq. Sementara itu, hanya 17 persen wanita di Thailand yang masih tinggal bersama dengan mertuanya.

Tak hanya tentang tempat tinggal, peneliti juga menyebutkan bahwa faktor pendidikan mempengaruhi keinginan wanita untuk segera mendapatkan anak atau tidak.