Tinggal Dengan Mertua Setelah Menikah, Baik atau Tidak Dari Segi Kesehatan?

DokterSehat.Com– Bagi sebagian pasangan yang baru menikah di Indonesia, tinggal serumah dengan mertua adalah hal yang biasa untuk dilakukan, apalagi jika pasangan memang belum memiliki tempat tinggal sendiri. Ada banyak pasangan yang mengaku hidup bahagia dan baik-baik saja dengan mertuanya, namun, cukup banyak pula yang merasa tidak cocok, stress dan tidak bahagia. Yang menjadi masalah adalah, sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang tinggal dengan mertuanya ternyata cenderung lebih rentan untuk terkena stress dan masalah kesehatan lainnya.

doktersehat-pasangan-couple

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa wanita yang tinggal dengan mertuanya cenderung tiga kali lebih rentan untuk terkena penyakit jantung. Meningkatnya resiko terkena penyakit mematikan ini disebabkan oleh tingginya stress yang dihadapi oleh wanita karena harus berperan ganda sebagai istri bagi suaminya, ibu bagi anak-anaknya, sekaligus anak dari ibu mertuanya. Tak hanya penyakit jantung, penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes juga bisa menyerang para wanita ini.

Meskipun terlihat sangat mengerikan, tidak semua wanita mendapatkan dampak buruk kesehatan tersebut saat tinggal bersama dengan keluarga besar. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kemungkinan untuk merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, dan melakukan berbagai hal yang tidak baik bagi kesehatan lainnya. Apalagi jika hubungan dengan mertua justru sangat positif sehingga wanita juga bisa berbahagia dengan kehidupannya sehari-hari.

Hanya saja, professor Horoyasu Iso menyebutkan bahwa ada baiknya memang pasangan mempertimbangkan untuk tinggal di rumah sendiri saja yang membuat mereka tidak memiliki beban kehidupan yang lebih besar.