Tinggal Dekat Dengan Alam Hijau Ternyata Bisa Menurunkan Resiko Terkena Asma

DokterSehat.Com – Seiring dengan perkembangan jaman, kebanyakan orang lebih memilih untuk tinggal di area perkotaan dengan pertimbangan lebih mudah mendapatkan fasilitas umum jika dibandingkan dengan area pedesaan. Padahal, dalam realitanya, area perkotaan yang padat cenderung kurang sehat bagi kesehatan tubuh kita. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika area perkotaan membuat kita lebih beresiko terkena gangguan kesehatan layaknya asma. Karena alasan inilah pakar kesehatan lebih merekomendasikan kita untuk tinggal di area yang kaya akan lingkungan hijau layaknya pedesaan untuk menurunkan resiko terkena ganggan pernafasan tersebut.

doktersehat-asma

Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan oleh jurnal Thorax dilakukan dengan melibatkan 10 ribu data dari orang dengan rentang usia 26 hingga 54 tahun yang berasal dari 14 negara. Para partisipan ini diminta untuk menjelaskan dimana mereka hidup saat berusia 5 tahun, baik itu di area pedesaan, area kota kecil, pinggiran kota, tengah kota, hingga area peternakan. Kemudian, para partisipan ini diminta untuk melakukan tes pengukuran kekuatan paru-paru, tingkat antibodi dalam tubuh, dan gejala dari alergi layaknya gejala asma.

Setelah meneliti semua data dan dibandingkan, para peneliti menemukan fakta bahwa mereka yang dibesarkan di area pedesaan dan peternakan memiliki rasio 54 persen lebih rendah untuk mendapatkan penyakit asma saat dewasa dan 57 persen lebih rendah untuk mendapatkan alergi, khususnya pada hidungnya jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal di tengah kota.

Yang menarik adalah, mereka yang tinggal di area pedesaan atau peternakan akan cenderung lebih banyak untuk berbagi kamar dengan saudaranya dan memiliki hewan peliharaan. Hal ini ternyata berimbas pada tubuhnya yang memiliki kepekaan 53 persen lebih rendah pada alergen. Sementara itu, wanita yang tinggal di area pedesaan atau peternakan juga cenderung memiliki paru-paru yang lebih kuat daripada wanita yang tinggal di kota sejak kecil.

Baca Juga:  Jangan Asal Memilih Pembersih Wajah

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kita mempertimbangkan untuk tinggal di area dengan banyak lingkungan hijau jika ingin memiliki keturunan yang terbebas dari penyakit asma.