Tindakan Pertama Pada Penderita Pellagra

DokterSehat.Com – Pellagra adalah penyakit gizi yang disebabkan oleh kekurangan niacin (vitamin B3). Biasanya pada penderita pellegra ini akan kelihatan hanya pada kulit yang terkena pada sinar. Seperti, lengan bagian belakang, pergelangan, muka, dan leher, jarang pada kaki atau mata kaki, dan kadang-kadang juga terdapat pada kelamin bagian luar. Ujung-ujung lepuh itu biasanya dibatasi dengan garis yang jelas dilihat, dan ini disebut sarung tangan kalau terdapat di tangan dan pergelangan.

4729457188_040d3fd8fa_b (1)

Bila si penderita menjemur kulit di bawah sinar matahari berarti merangsang timbulnya lepuh-lepuh itu. Penderita pellagra biasanya mempunyai selera makan yang berubah-ubah dan pencernaan terganggu.

Biasanya penderita akan mengalami diare, lidahnya kelihatan lebih licin dan lebih merah dari biasanya. Menurut survei dari satu di antara 50 orang akhirnya mendapat gangguan otak yang parah. Banyak yang lesu, pusing-pusing, tidak dapat tidur, gangguan pada indera peraba.

Si penderita pellagra harus memilih menu makanan yang baik untuk mempercepat penyembuhan, tetapi penderita yang sering atau biasa mengkonsumsi alkohol akan susah untuk disembuhkan. Dia harus disembuhkan secara tuntas kecuali dia sudah gila karena alkohol. Dalam hal ini pun keadaan mental masih dapat diperbaiki.

Tindakan yang harus dilakukan :

• Dalam hal penyakit yang akut, pasien itu harus istirahat di tempat tidur. Menu makanan harus lengkap. Seperti, susu, sup sayuran dengan kental, air tomat, dan telur dadar atau rebus. Bubur yang pakai ragi dapat diberikan.

• Kalau pasien itu mengalami diare, berikanlah air minum bercampur bismut subkarbonat satu sendok teh, setiap tiga atau empat jam.

• Larutan lanolin dengan 5 prosen boric acid dapat menghaluskan kulit yang retak.

Baca Juga:  Jangan Membiasakan Keramas Tanpa Shampoo

• Kalau sudah lewat tahap penyakit yang akut, pengobatan yang utama ialah unsur makanan. Menu makanan harus terdiri dari air susu 1 liter sehari dan banyak telur serta sayuran hijau. Daging yang tidak mengandung lemak diizinkan, tetapi daging yang berlemak tidak bernilai. Gunakkanlah susu yang murni, susu bubuk, susu kaleng atau keju. Ragi Brewer atau ragi lain akan menolong.

BACA JUGA : Apa itu Ovulasi ?