Tindakan Pertama Jika Lidah Tergigit

DokterSehat.Com – Pernahkah anda sadari jika saat kita mengunyah makanan, terdapat sebuah mekanisme yang sangat rumit terjadi pada mulut dan rahang. Selain rahang yang berfungsi untuk menghancurkan makanan melalui gigi, bibir dan juga lidah memiliki peran besar dalam mengatur penempatan makanan agar lebih mudah dihancurkan. Meskipun kita mengunyah dengan sangat cepat, cukup jarang kita mendapati bibir atau lidah kita tergigit. Hanya saja, kadangkala jika kita tidak benar-benar makan dengan baik, lidah kita bisa tergigit yang tentu akan sangat menyakitkan. Selain bisa membuat selera makan hilang tiba-tiba, lidah yang tergigit juga bisa membuat darah keluar dengan jumlah yang cukup banyak. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi lidah yang tergigit?

doktersehat-sakit-gigi-sariawan-lubang

Saat lidah kita tergigit, hal pertama yang sebaiknya kita lakukan adalah memberikan es batu atau air putih yang dingin pada area lidah yang tergigit. Secara logika, air dingin atau es batu akan bisa membuat pendarahan pada lidah berhenti dan rasa sakit yang hebat akan bisa dinetralisir. Hanya saja, harap berhati-hati jika anda sedang terkena batuk atau pilek karena es batu atau air dingin ini bisa menambah penyakit ini. Beberapa orang yang memiliki gigi sensitif juga tidak bisa sembarangan asal memasukkan air atau es batu yang sangat dingin ini karena bisa memicu rasa linu di gigi.

Andai kita tidak bisa memakai air dingin atau es batu, maka kita juga bisa mengompres lidah dengan madu. Madu sendiri memang dikenal luas sangat baik bagi luka dan memiliki kemampuan mencegah infeksi akibat bekas luka dan juga mengeringkan luka gigitan dengan cepat. Selain itu, mengoleskan madu yang manis pada lidah juga bisa mengembalikan nafsu makan kita yang sempat menghilang karena rasa sakit pada lidah yang tergigit.

Baca Juga:  Benarkah Mitos Penderita Diabetes Dilarang Makan Nanas?

Area mulut tanpa ternyata secara alami memiliki banyak bakteri dan jika lidah kita terluka, bisa jadi kuman atau bakteri akan dengan mudah menyerang luka pada lidah dan menyebabkan infeksi. Untuk menghindari hal ini, segeralah berkumur-kumur dengan air garam agar kuman dan bakteri pada mulut dan dekat dengan area lidah yang tergigit bisa segera dibunuh sehingga infeksi akan dicegah dengan efektif.