Kanker Pankreas – Tindak Lanjut, Pencegahan, dan Prognosis

Karena kanker pankreas memiliki risiko untuk keambuhan setelah terapi medis bedah atau setelah terapi adjuvan, tindak lanjut terus menerus dengan dokter penting. Pada jadwal rutin yang direkomendasikan oleh dokter, hal-hal berikut ini dilakukan:

doktersehat-konsultasi-dokter

  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan darah, termasuk CA 19-9
  • Pemeriksaan pencitraan berkala, biasanya CT scan pada interval 6 bulan atau lebih awal jika diperlukan

Pencegahan dan prognosis kanker pankreas
Tidak ada tindakan preventif yang diketahui untuk kanker pankreas. Namun, penting untuk meminimalkan faktor risiko tertentu. Faktor risiko yang bisa dikontrol antara lain membatasi merokok dan asupan alkohol berlebih.

Prognosis kanker pankreas
Meskipun ada kemajuan terbaru dalam perawatan bedah dan pengobatan kanker pankreas, prognosis yang terkait dengan penyakit ini masih relatif buruk.

Bagi orang-orang yang memiliki kanker pankreas yang benar-benar diangkat dengan operasi, probabilitas untuk bertahan hidup dalam 5 tahun adalah 20% sampai 30%. Jika kelenjar getah bening ditemukan mengandung kanker pada saat pembedahan, maka probabilitas hidup dalam 5 tahun menurun menjadi 10%.

Penambahan kemoterapi setelah operasi pengangkatan kanker pankreas kemungkinan akan meningkatkan probabilitas hidup ini dalam 5 tahun, namun hanya sekitar 10%.

Bagi orang-orang yang menderita kanker pankreas lokal yang tidak dapat dioperasi, bertahan lebih dari 3 tahun jarang terjadi. Bagi mereka dengan kanker pankreas metastatik yang memiliki gejala penurunan berat badan atau nyeri, kemungkinan bertahan 1 tahun kurang dari 20% untuk mereka yang menjalani kemoterapi dan kurang dari 5% untuk mereka yang memilih untuk tidak menerima kemoterapi.

Statistik ini menggarisbawahi pentingnya uji klinis yang mencoba menemukan terapi yang lebih efektif untuk penyakit ini. Orang dengan kanker pankreas perlu bertanya kepada dokter tentang kemungkinan berpartisipasi dalam uji klinis yang sesuai untuk mereka.

Baca Juga:  Kanker Pankreas - Terapi Radiasi dan Terapi Lain

Kelompok dukungan dan konseling
Didiagnosis dengan kanker adalah pengalaman fisik dan emosional. Banyak jalan untuk dukungan ada di dalam komunitas lokal dan sekitarnya, baik untuk pasien maupun keluarga pasien dan teman-teman.

Kanker Pankreas: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10