Demam – Tindak Lanjut, Pencegahan, dan Prognosis

Sebagian besar demam akan hilang dalam beberapa hari dengan pengobatan yang tepat. Penting untuk menindaklanjuti dengan petugas kesehatan untuk memastikan penyebab demam diobati dengan benar. Hal ini dapat dilakukan dalam beberapa hari sampai beberapa minggu setelah kunjungan awal, tergantung penyebabnya.

doktersehat-vaksin-ulang-kolera

Jika gejalanya memburuk, jika demam berlanjut lebih dari tiga hari meski diobati, atau jika demam berlangsung lebih lama dari seminggu tanpa pengobatan, segera temui dokter.

Tindak lanjut sangat penting terutama bagi penderita demam akibat kanker, demam akibat obat, penyebab infeksi seperti TBC, FUO, atau masalah hormon, karena orang-orang ini mungkin mengalami kekambuhan dan memerlukan perawatan berulang. Dalam beberapa kasus, rawat inap mungkin diperlukan.

Mungkinkah mencegah demam pada orang dewasa?
Sebagian besar demam berasal dari infeksi. Individu dapat membantu mencegah penyebaran infeksi dan dengan demikian mencegah demam.

  • Cara terbaik untuk mencegah penyebaran infeksi adalah sering mencuci tangan dan menghindari menyentuh wajah atau mulut sebanyak mungkin.
  • Jaga kebersihan rumah dan lingkungan kerja.
  • Hindari kontak langsung dengan orang sakit.
  • Jangan berbagi cangkir atau peralatan, handuk atau pakaian, terutama jika tidak bersih.
  • Pakailah pakaian dan peralatan pelindung yang sesuai saat bekerja dengan hewan.
  • Pastikan imunisasi saat ini lengkap dan dapatkan obat pencegahan dan imunisasi yang sesuai bila diperlukan jika bepergian ke negara lain.
  • Jangan gunakan obat-obatan terlarang.
  • Selama olahraga berat, tetap terhidrasi dengan baik, kenakan pakaian dingin, sering istirahat, dan dinginkan setelah berolahraga. Hindari penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang, dan jangan menghalangi seseorang untuk berlindung dari panas.

Bagaimana prognosis demam pada orang dewasa?
Dalam kebanyakan kasus, demam akan datang dan pergi tanpa banyak intervensi dari dokter. Jika penyebab spesifik demam ditemukan, maka dokter bisa meresepkan obat yang tepat dan mengobati penyakitnya. Kadang-kadang, antibiotik kedua, obat antijamur, atau obat lain akan dibutuhkan. Biasanya, dengan terapi yang tepat, infeksi akan sembuh dan orang tersebut akan kembali ke suhu normal.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama Demam pada Orang Dewasa

Dalam beberapa kasus, demam bisa mengancam jiwa. Hal ini sering terlihat pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk, beberapa jenis meningitis, dan sakit perut yang parah. Pneumonia dengan demam bisa mengancam nyawa pada orang lanjut usia. Setiap infeksi yang sumbernya tidak ditemukan dapat terus memburuk dan menjadi sangat berbahaya. Hipertermia berat dapat menyebabkan koma, kerusakan otak, atau bahkan kematian. Biasanya, jika penyebab demam didiagnosis dengan cepat dan ditangani dengan tepat, prognosisnya baik, namun prognosisnya lebih buruk jika ada penundaan diagnostik dan penanganan, sehingga organ tubuh menjadi semakin rusak.