Penyakit Radang Panggul (Pelvic Inflammatory Disease)- Tindak Lanjut dan Pencegahan

Konsumsi semua obat yang diresepkan oleh dokter. Gejala bisa sembuh sebelum infeksi sembuh dan orang tersebut mungkin merasa jauh lebih baik, namun sebaiknya tetap mengkonsumsi semua antibiotik yang diresepkan sampai habis. Pasien harus menindaklanjuti dengan dokter atau datang ke klinik dalam waktu 3 hari untuk memantau perbaikan. Baik obat yang diminum maupun melalui selang infus, kebanyakan individu biasanya membaik dalam waktu 72 jam.

doktersehat-nyeri-pinggang

Jika gejala memburuk, bahkan dengan perawatan, sebelum tindak lanjut 72 jam, pasien harus kembali ke klinik dokter atau rumah sakit. Pemeriksaan lebih lanjut, perawatan, dan pembedahan tambahan mungkin diperlukan untuk mengurangi gejala dan menghilangkan PID secara efektif.

Pasien seharusnya tidak melakukan aktivitas seksual sampai infeksi tersebut sembuh. Setiap pasangan seksual pasien dalam waktu 2 bulan terakhir dari terinfeksi PID juga harus diobati.

Bagaimana saya mencegah penyakit radang panggul?
Langkah-langkah berikut dapat diambil untuk menghindari penyakit radang panggul atau agar PID tidak menjadi lebih buruk:

  • Seks aman: Jika iingin melakukan hubungan seksual, gunakan alat penghalang seperti kondom lateks. Gunakan hanya pelumas berbasis air dengan kondom. Jangan melakukan seks oral karena mulut kita adalah juga termasuk sumber bakteri. Dan alangkah lebih baiknya jika seseorang tidak melakukan hubungan seksual saat sedang mengalami penyakit radang panggul atau merasakan curiga adanya penyakit ini.
  • Pil KB dan alat kontrasepsi tidak mencegah PID. Perangkat intrauterine yang baru saja dimasukkan (IUD), pada kenyataannya, dapat meningkatkan risiko terkena PID.
  • Pengobatan PMS: Pasangan seksual perlu diobati jika orang tersebut didiagnosis dengan infeksi bakteri seperti penyakit menular seksual. Individu mungkin terinfeksi ulang jika hal ini tidak dilakukan. Selain itu, pasangan seksual mungkin juga sakit.
  • Individu harus membatasi jumlah pasangan seksual dan menghindari pasangan berisiko tinggi (misalnya, mereka yang tidak menggunakan kondom) untuk mengurangi kemungkinan infeksi.
  • Jika orang berisiko terkena PID (misalnya, individu yang memiliki banyak pasangan dan mendapatkan uang dari hubungan seksual), mereka harus menjalani tes reguler untuk penyakit menular seksual.
    • Biasanya douching vagina merupakan faktor risiko potensial untuk PID. Douching dapat mendorong bakteri ke saluran kelamin bagian atas. Douching juga dapat mengurangi sekresi yang disebabkan oleh infeksi, sehingga wanita mungkin tidak mengira mereka memiliki gejala dan mungkin menunda untuk mencari perawatan medis. Douches tidak disarankan; vagina membersihkan dirinya secara alami.
    • Lap dari depan ke belakang setelah buang air besar. Membersihkan anus setelah BAB dengan arah sebaliknya membuat bakteri masuk ke dalam vagina.
    • Jika seseorang mengalami gatal pada vagina, jangan digaruk. Cuci dengan air saja, jangan gunakan sabun yang berpotensi mengiritasi dan diskusikan gejalanya dengan dokter .
Baca Juga:  Penyakit Radang Panggul (Pelvic Inflammatory Disease) - Pemeriksaan Fisik, USG, dan Pembedahan

Seperti pada penyakit menular seksual lainnya, edukasi tentang teknik pencegahan adalah cara untuk mengurangi kemungkinan terkena PID.