Dehidrasi – Penanganan dan Pencegahan

doktersehat-minum-air-botol

Beberapa penanganan dan pencegahan terhadap dehidrasi pada orang dewasa adalah sebagai berikut.

Penanganan Dehidrasi Orang Dewasa:

  • Hubungi atau kembali mendapatkan penanganan dari dokter seperti yang diinstruksikan
  • Minum obat yang diresepkan sesuai petunjuk
  • Jaga agar penderita dehidrasi dengan banyak minum elektrolit dan air
  • Perhatikan tanda-tanda dehidrasi pada diri sendiri dan orang lain

Pencegahan Dehidrasi Orang Dewasa

Cukup minum air dan makanan yang mengandung cukup cairan dan elektrolit adalah cara kebanyakan orang menghindari dehidrasi. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) merekomendasikan hal berikut:

“Karena hidrasi normal dapat dijaga pada asupan air, asupan yang memadai (Adequate Intake/AI) untuk air total ditetapkan berdasarkan asupan air rata-rata total dari data survei AS (IOM, 2004). AI untuk asupan air total untuk laki-laki dan perempuan muda (usia 19 sampai 30 tahun) masing-masing adalah 3,7 liter dan 2,7 liter per hari. Pada penelitian NHANES III, cairan (air minum dan minuman) 3,0 liter (101 ons cairan, sekitar 13 cangkir) dan 2,2 liter (74 ons cairan atau sekitar 9 cangkir) per hari untuk pria dan wanita usia 19 sampai 30, mewakili sekitar 81 persen dari total asupan air. Air yang terkandung dalam makanan menyediakan sekitar 19 persen dari total asupan air.”

Rekomendasi tersebut adalah perkiraan. Penelitian lain mendasarkan jumlah asupan cairan pada berat badan dan menyediakan tabel untuk memperkirakan asupan cairan seseorang. Dehidrasi sering dicegah bahkan dalam kondisi yang lebih menegangkan seperti ketika olahraga atau bekerja saat cuaca panas.

Dehidrasi – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik