Terkena Flu? Jangan Tiduran Saja Agar Cepat Sembuh

doktersehat flu saat hamil

DokterSehat.Com– Banyak orang yang terkena flu memilih untuk bermalas-malasan saja di kasur atau sofa. Biasanya, alasan untuk bermalas-malasan ini adalah badan yang terasa tidak karuan akibat dari penyakit yang kerap dianggap ringan ini. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak hanya tidur-tiduran saja saat flu jika ingin cepat sembuh.

Dr. Erich Voigt, M.D. menyebutkan bahwa bermalas-malasan atau tiduran saja saat terkena flu justru akan membuat kita tidak kunjung sembuh dan justru lebih rentan terkena penyakit lainnya. Sering-seringlah berjalan kaki atau melakukan aktivitas ringan lainnya. Jika perlu, lakukan aktivitas seperti biasa agar sistem kekebalan tubuh semakin sehat dan membuat tubuh lebih enakan.

Dengan tetap aktif, tubuh akan membuang lendir dalam saluran pernapasan dengan lebih baik. Hal sebaliknya akan terjadi jika kita terus-terusan tiduran, yakni sumbatan pada saluran pernapasan justru bisa menjadi semakin parah.

“Lendir saat flu harus segera dikeluarkan. Jika kita tidur-tiduran terus dan malas bergerak, maka lendir ini akan terkumpul pada dada sehingga bisa memicu bronchitis atau paru-paru basah,” ucap Dr. Erich.

Jika kita tidak mampu bernapas dengan benar dalam waktu yang lama karena saluran pernapasan tersumbat, maka ada kemungkinan paru-paru mengalami atelectasis atau pengerutan sebagian hingga seluruh bagiannya. Hal ini tentu akan menurunkan fungsi paru-paru dengan signifikan dan meningkatkan risiko terkena pneumonia.

Dampak lain yang bisa kita rasakan jika kita tiduran saja seharian saat terkena flu adalah meningkatnya risiko terkena penyumbatan darah di kaki.

Hanya saja, bukan berarti kita bisa seenaknya melakukan aktivitas berat saat sedang flu. Dr. Erich tidak menyarankan kita untuk melakukan aktivitas berat karena kondisi tubuh yang belum benar-benar fit.