Tidur Tetap Nyaman Meskipun Suhu Udara Sedang Panas

DokterSehat.Com – Karena kita tinggal di negara tropis, maka mau tidak mau kita tentu harus membiasakan diri untuk menikmati suhu yang cenderung panas atau hangat sepanjang tahun, apalagi jika kita tinggal di area pesisir pantai yang memang cenderung bersuhu lebih hangat. Suhu yang cenderung panas ini bisa memberikan masalah, khususnya bagi kita yang tidak nyaman dengan suhu udara yang panas saat menjelang tidur. Banyak orang yang mengaku jika cucuran keringat dan rasa tidak nyaman akan membuat mereka sulit tidur. Sayangnya, menggunakan kipas angin atau AC berlebihan juga kurang baik selama waktu tidur. Apakah ada cara agar tetap nyaman tertidur meskipun suhu udara sangatlah panas?

doktersehat-pasangan-couple-tidur

Kasur akan cenderung terasa panas jika suhu udara memang panas, apalagi jika ditambah dengan suhu tubuh kita yang memang pada dasarnya hangat. Alih-alih tetap memaksakan diri tidur di kasur yang bisa membuat keringat bercucuran, kita bisa memakai matras yang diyakini bisa membuat rasa lebih dingin dan lebih nyaman untuk tidur. Selain itu, cobalah untuk membuat bantal menjadi lebih dingin sehingga memberikan sensasi nyaman saat anda tidur. Membuat bantal menjadi dingin cukup mudah untuk dilakukan. Cukup dengan memasukkan sarung bantal ke dalam plastik selama dua jam ke dalam kulkas, maka kita bisa mendapatkan sensasi dingin ini. Selain tempat tidur, kita juga bisa memberikan suasana yang cenderung lebih redup untuk kamar tidur kita. Secara psikologis, suasana yang redup atau gelap akan terasa lebih sejuk jika dibandingkan dengan kamar yang cenderung terang benderang. Matikan lampu menjelang tidur saat suhu udara cukup panas.

Selain membuat suasana tempat tidur menjadi lebih nyaman. Cobalah untuk membuat tubuh kita sendiri menjadi terasa lebih “dingin” sebelum tidur. Saat suhu udara terasa sangat panas, cobalah untuk mandi dengan air dingin sebelum tidur. Sensasi air dingin pada tubuh akan memberikan rasa segar dan lebih rileks sehingga suhu tubuh pun tearsa lebih sejuk yang bisa mengantarkan kita ke tidur yang lebih nyaman. Selain itu, cobalah untuk memakai baju tidur yang cenderung tipis dan lebih longgar. Bahan baju tidur yang mampu menyerap keringat layaknya katun juga sangat direkomendasikan jika suhu udara sedang panas.

Baca Juga:  Apa itu Sindrom Usher

Jangan lupakan pula air minum yang cukup sebelum tidur. Jika kita mengalami dehidrasi saat suhu sangat panas dan membuat kita banyak berkeringat, maka tidur pun menjadi sangat tidak nyaman. Penuhi asupan air putih dengan cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik dan merasa jauh lebih segar sehingga tidur pun bisa didapatkan dengan nyaman.