Tidur Terlalu Sore Memang Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Kita tentu kerap mendengar orang tua yang melarang anaknya untuk tidur terlalu sore, apalagi menjelang maghrib. Meskipun tubuh sudah sangat lelah, kita diminta untuk tidak tidur setidaknya hingga melewati waktu maghrib tersebut. Tak disangka, larangan ini ternyata benar adanya. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tidur terlalu sore ternyata memang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

doktersehat-insomnia-tidak-bisa-tidur

Berbahaya bagi kadar kolesterol tubuh
Telah ada beberapa penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa mereka yang kerap tidur terlalu sore cenderung memiliki kadar kolesterol yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah tidur di waktu tersebut. Hal ini disebabkan oleh kondisi sistem metabolisme tubuh yang sedang dalam kondisi maksimal namun tubuh justru berada dalam kondisi istirahat.

Gangguan daya ingat
Banyak orang yang tidur terlalu sore dan bangun di malam hari yang kemudian merasakan sensasi tubuh yang aneh dan kebingungan. Banyak dari mereka yang bahkan mengalami hilang ingatan untuk sementara dan akhirnya bertanya jam berapa atau hari apa. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak menyadari perubahan siang menjadi malam sehingga memicu kebingungan dan gangguan daya ingat ini.

Membuat tubuh lesu
Bukannya segar, bangun dari tidur terlalu sore ternyata bisa memicu penurunan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat tubuh terasa kurang fit dan mudah lesu.

Meningkatkan resiko terkena diabetes
Tak disangka, tidur terlalu sore ternyata bisa meningkatkan resiko terkena diabetes. Hal ini disebabkan oleh terganggunya produksi insulin pada tubuh akibat dari kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak. Selain itu, tidur terlalu sore juga akan mengganggu siklus alami tubuh yang bisa mempengaruhi produksi insulin.

Melihat adanya berbagai dampak buruk ini, ada baiknya memang kita tidak lagi tidur terlalu sore.