Tidur Telentang Atasi Nyeri Pinggang

Doktersehat.com – Nyeri pinggang bisa disebabkan berbagai faktor seperti salah posisi duduk maupun posisi tidur. Seorang spesialis bedah tulang, dr. Muki Partono menjelaskan bahwa penyebab nyeri pinggang dibagi menjadi dua yakni, akut dan kronik.



Penyebab nyeri pinggang akut biasanya terjadi di area bawah punggung yang terdapat lima tulang kecil yang disebut juga dengan lumbal.

Daerah lumbal merupakan daerah yang paling elastis. Bagian bawah punggung ini bertugas menyangga bagian atas badan manusia dan juga beban benda yang dibawa seperti saat Anda menggendong tas di punggung. Besarnya beban yang diterima bantalan lumbal bergantung pada posisi berdiri, duduk, hingga tidur.

Tanpa disadari duduk terlalu lama juga dapat memicu nyeri pinggang karena beban yang diterima lumbal lebih besar ketimbang saat Anda berdiri. Pada posisi duduk tegap bantalan lumbal menerima beban seberat 150 kg,sementara pada posisi berdiri beban yang diterima 100 kg.

Dr. Muli menyarankan agar berjalan-jalan atau berdiri dalam setiap jam apabila Anda selalu duduk lama di depan komputer. Hal ini bertujuan untyuk mengistirahatkan tulang belakang dan meregangkan otot.

Posisi yang paling tepat untuk mengistirahatkan tulang belakang adalah tidur telentang dengan mengganjal bawah lutut menggunakan bantal. Posisi tidur telentang hanya membebani tulang belakang seberat 25 kg, bandingkan dengan posisi tidur miring yang membebani tulang belakang seberat 75 kg.

Cobalah istirahatkan tulang belakang dengan tidur telentang saat Anda merasakan nyeri di bagian tersebut. Kasur yang agak keras justru baik untuk tulang belakang Anda. Pilihlah olahraga yang berkonsentrasi di daerah tulang belakang seperti pilates, berenang, atau yoga.

Sementara itu penyebab nyeri pinggang kronik adalah adanya penyakit tertentu di daerah non-lumbal seperti ginjal, gangguan usus, tumor, atau masalah pada organ reproduksi wanita.

Baca Juga:  Sciatica Kaku Pada Kaki

Sumber: ghiboo.com