Tidur Tanpa Bantal Ternyata Menyehatkan

DokterSehat.Com – Bantal kerap kali dianggap sebagai salah satu peralatan yang wajib tersedia di kamar tidur. Bahkan, banyak orang yang mengaku jika mereka akan sulit untuk bisa tidur nyenyak jika kepalanya tidak disangga dengan bantal. Memang, bantal memiliki fungsi utama menyangga kepala dan leher sehingga tidur pun terasa sangat nyaman. Namun, tahukah anda, pakar kesehatan justru menyebutkan jika bantal tidaklah terlalu dibutuhkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan jika tidur tanpa menggunakan bantal justru akan lebih baik untuk kesehatan tubuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-santai-tidur

Pakar kesehatan menyarankan tidur tanpa menggunakan bantal jika kita sudah mulai mengalami rasa sakit pada leher atau tulang belakang. Bahkan, beberapa kasus menunjukkan jika cedera leher bisa terjadi karena kita menggunakan bantal saat tidur. Dengan tidak memakai bantal, kita akan membuat sirkulasi darah pada area leher dan kepala menjadi jauh lebih baik sehingga resiko terkena cedera leher pun akan menurun dengan efektif. Selain itu, mereka yang merasakan sakit pada tulang belakang juga sangat disarankan untuk tidak memakai bantal sehingga postur tulang belakang saat tertidur pun menjadi sangat ideal dan nyaman dan membuat susunan tulang ini terbebas dari tekanan dan bisa beristirahat dengan baik.

Pakar kecantikan berkata jika tidur tanpa bantal bisa menjadi salah satu kunci menjaga kecantikan wajah. Bagaimana tidak, bantal ternyata bisa menjadi tempat dimana kuman dan bakteri bersarang dan menyebabkan jerawat atau bahkan kulit keriput. Dengan adanya resiko ini, bukankah akan lebih baik tidak memakai bantal saat tidur, bukan?

Telah banyak penelitian yang menunjukkan jika penggunaan bantal untuk tidur ternyata bisa menurunkan kualitas tidur. Dengan adanya fakta ini, mungkin ada baiknya kita mulai tidur tanpa menggunakan bantal agar kita bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas sehingga akan merasa segar saat bangun pagi.