Tidur Tanpa Bantal Lebih Menyehatkan

Doktersehat.com – Tidur merupakan waktu yang tepat untuk memulihkan stamina tubuh Anda setelah seharian beraktivitas. Tapi, tidak semua orang dapat tidur berkualitas. Salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah tidur tanpa menggunakan bantal.



Penelitian membuktikan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan tidur tanpa bantal. Para ahli sepakat bahwa tidur di atas kasur jauh lebih natural bagi tubuh. Dengan demikian, tidur Anda menjadi lebih berkualitas seperti ketika masih bayi karena tubuh berada pada tingkat yang alami dan normal. Meski belum ada penelitian yang membuktikan kebenarannya, tidur tanpa bantal bisa mengembalikan posisi tubuh yang salah. Selain itu untuk lebih menyamankan tidur Anda, gunakan kasur yang agak keras. Kasur seperti ini justru baik untuk menjaga tubuh Anda tidak bungkuk dan tetap pada postur yang baik.

Agar tidur Anda lebih berkualitas sebaiknya tidur tanpa bantal dengan posisi badan terlentang. Berikut manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan tidur tanpa bantal:

1. Mencegah sakit leher
Tidur menggunakan bantal adalah sumber utama dari sakit pundak dan leher. Meskipun masih disarankanuntuk pemanasan (stretching) dan menggunakan pemanas, metode terbaik untuk menghilangkan rasa sakit ini adalah dengan tidur tanpa bantal. Namun, tidur tanpa bantal dapat menyebabkan masalah untuk orang yang sudah terbiasa menggunakannya. Untuk orang-orang yang belum terbiasa tidur tanpa menggunakan bantal, dianjurkan untuk secara bertahap mengurangi ketebalan bantal.

2. Mencegah kerutan di wajah dan membuat awet muda
Orang yang tidur tanpa bantal di kepalanya akan memiliki kesempatan yang rendah untuk mendapatkan kerutan di wajahnya. Hal ini dikarenakan mereka yang tidak menggunakan bantal tidak menekankan wajah mereka di atas bantal yang dapat menyebabkan kerutan pada wajah.  Jadi, apabila anda menginginkan awet muda, tidurlah tanpa menggunakan bantal.

3. Mencegah jerawat

Seringkali Anda lupa tidak mengganti sarung bantal, tanpa kita sadari, bisa jadi ada debu, bekas kosmetik atau obat jerawat yang menempel di permukaannya dan menempel di kulit sehingga menjadi bibit jerawat yang dapat merusak kulit Anda.

Baca Juga:  Ternyata Rokok Menthol Lebih Berbahaya Jika Dibandingkan Dengan Rokok Non Menthol

4. Kualitas tidur
Jika anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas maka Anda disarankan untuk menyingkirkan bantal Anda karena bisa menghambat tidur Anda. Tidur tanpa bantal akan membuat kualitas tidur yang baik karena posisi tubuh Anda berada pada tingkat alami dan normal. Seperti halnya bayi yang masih merah belum terbiasa menggunakan bantal. Biasanya orang tuanya yang memeprkenalkan dan membiasakannya menggunakan bantal kecil seukuran kepala bayi, namun, bayi aktif bergerak dan malah merasa tidak nyaman dengan menggunakan bantal yang mengganjal kepalanya. Sehingga membuat bantal tersingkir dengan sendirinya dari kepalanya dan akhirnya si bayi lebih nyaman tertidur tanpa bantal. Bayi pun memiliki kualitas tidur lebih baik dengan tanpa bantal (pada saat posisi di matras flat/kasur datar), karena memang posisi tubuhnya berada pada tingkat alami/normal tanpa ditopang/diganjal sesuatu pada kepala/lehernya. Jadi,apabila anda ingin tidur lebih berkualitas dan menormalkan posisi tubuh anda, mulai biasakan tidur tanpa bantal.

5. Keuntungan untuk tulang belakang
Tidur tanpa bantal dianggap sebagai metode yang paling sehat karena memberikan manfaat pada tulang belakang. Tidur dengan punggungnya untuk memungkinkan tulang punggung untuk sepenuhnya berada pada kurva alami dari tubuh di tempat. Ketika kita tidur dengan bantal tebal, lokasi tulang punggung akan berubah dan Anda mungkin mengalami nyeri punggung keesokan harinya. Jadi, tidur tanpa bantal adalah obat terbaik untuk sakit punggung.

Dari berbagai sumber