Tidur Siang Ternyata Mampu Menurunkan Tekanan Darah

DokterSehat.Com – Saat kita kecil dahulu, kita tentu sering diminta oleh orang tua untuk tidur siang. Namun, sebagaimana kebanyakan anak kecil yang aktif, tidur siang justru menjadi saat yang kurang menyenangkan karena anak-anak hanya ingin bermain. Semakin bertambahnya usia, kita pun semakin membutuhkan tidur siang sebagai waktu untuk beristirahat dan menyegarkan kembali pikiran saat bekerja. Tidur, siang, walau hanya beberapa puluh menit lamanya ternyata bisa membuat badan menjadi segar kembali dan konsentrasi untuk bekerja pun menjadi lebih baik. Disamping itu, tidur siang ternyata dapat membantu kita menurunkan tekanan darah.

doktersehat-tidur-siang-sehat-kreatif-kantor-kerja

Memang, tidur siang tidak serta merta langsung menurunkan tekanan darah secara signifikan. Hanya saja, jika kita mulai melakukan pola hidup sehat dan disertai dengan menyempatkan waktu untuk tidur siang, tekanan darah tentu saja akan menjadi normal sehingga masalah hipertensi pun menjadi semakin berkurang.

Sebuah studi kesehatan di Yunani menunjukkan bahwa penderita hipertensi yang mulai mengurangi kebiasaan merokok, mengkonsumsi garam, kopi, dan alkohol, mulai melakukan kegiatan tidur siang dengan teratur setiap harinya. Dalam studi ini, penderita hipertensi yang melakukan kegiatan tidur siang ternyata mengalami penurunan tekanan darah hingga empat hingga enam persen. Meskipun penurunan tekanannya terlihat kecil, ternyata pengurangan tekanan darah sebesar 2 mmHg saja sudah mampu mengurangi resiko stroke hingga sepuluh persen.

Kita bekerja dari pagi hingga sore hari sehingga tidur siang sering dianggap sebagai suatu hal yang mustahil dilakukan dan merupakan sebuah kemewahan. Padahal, dari lamanya jam kerja tersebut, kita tentu memiliki satu jam yang setidaknya bisa kita gunakan sebagai waktu untuk makan siang dan juga tidur siang. Dengan melakukan penataan waktu yang baik, waktu istirahat satu jam ini bisa kita gunakan untuk tidur siang, meskipun hanya 20 hingga 30 menit saja. Meskipun sebentar, waktu untuk melakukan tidur siang tersebut dirasa sudah cukup untuk mengurangi stress dan tekanan darah.