Tidur Siang Pasca Melahirkan Bolehkah?

DokterSehat.Com – Di masyarakat berkembang larangan bagi ibu yang baru saja melahirkan untuk tidur siang. Jika hal ini dilanggar maka darah putih akan naik ke mata sehingga menyebabkan mata minus, katarak, sayu, dan wajah pun terlihat tua. Apakah Anda memercayai hal tersebut, Mam? Anda tak perlu khawatir untuk tidur siang saat masa nifas, karena larangan tersebut hanyalah mitos. Dengan kata lain, tidur siang setelah melahirkan tidak akan membuat mata Anda sakit katarak. Bahkan sebaliknya, tidur siang selalu dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu yang baru saja melahirkan karena ibu harus cukup istirahat demi pemulihan stamina dan menunjang kesehatan diri sendiri dan bayi.

7

Istirahat dan tidur bagi ibu pasca melahirkan sangat penting untuk mengembalikan energi yang terkuras, baik karena proses persalinan atau aktivitas malam untuk menyusui dan mengganti popok si Kecil. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur pola tidur atau istirahat agar manfaatnya bisa lebih efektif. Berikut serba-serbi tentang tidur setelah proses persalinan.

Tidur memiliki beberapa fungsi, antara lain :

  • Meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak menjadi baru
  • Melancarkan produksi hormon pertumbuhan tubuh
  • Meningkatkan sistem imun tubuh dari serangan penyakit
  • Mengistirahatkan tubuh dari kelelahan fisik
  • Meningkatkan konsentrasi dan kemampuan fisik
  • Melancarkan produksi ASI

Perhatikan lama atau durasi tidur

Lama tidur yang baik adalah 8 jam pada malam hari dan 1 jam pada siang hari. Tidur berkepanjangan tidaklah disarankan karena menyebabkan proses recovery yang lebih lambat. Makin lama berbaring maka makin besar pula peluang terjadi tromboemboli atau pengendapan elemen-elemen garam. Bila ibu beranjak bangun atau berdiri mendadak, endapan elemen tersebut dapat lepas dari perlekatannya di dinding pembuluh darah. Kondisi ini dapat berakibat fatal. Endapan-endapan tersebut bisa masuk ke dalam pembuluh darah lalu ikut aliran darah ke jantung, otak, dan organ-organ penting lain yang akan memunculkan stroke.

Baca Juga:  Mengapa Kita Cenderung Mengantuk Setelah Sarapan Pagi?

Posisi tidur yang baik

Posisi tidur yang baik pasca persalinan adalah telentang dengan satu bantal tipis. Hal ini mempermudah pengawasan kondisi kontraksi uterus dan perdarahan.

Dampak kurang tidur

Ibu yang baru saja melahirkan membutuhkan banyak istirahat dan tidur. Jika kurang, ibu akan terancam merasakan kelelahan yang berlebihan, menghambat atau mengurangi produksi ASI, memperlambat proses involusi uterus dan memperbanyak perdarahan, menimbulkan depresi dan ketidakmampuan merawat bayi.

Istirahat dan tidur sangat bermanfaat bagi ibu pasca melahirkan. Jadi, jangan remehkan tidur ya, Mam. Imbangi istirahat dan tidur Anda dengan mengonsumsi makanan bernutrisi demi menjaga kesehatan Anda dan bayi.