Tidur Siang Mencegah Sakit Jantung

Doktersehat.com – Tidur siang tidak hanya baik untuk tumbuh kembang anak, tetapi juga baik untuk mencegah penyakit jantung. Cukup tidur selama 20 sampai 40 menit dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti Yunani ditemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen, seperti dilansir Geniusbeauty, Kamis (4/10/2012).

Tubuh merasa mengantuk di siang hari merupakan sinyal bahwa tubuh memang memerlukan waktu istirahat. Secara biologi, tubuh memerlukan tidur pendek (nap), karena pada malam dan tengah hari rangsangan biologi mempunyai kewaspadaan yang rendah. Tidur pendek akan meningkatkan kebugaran dan kewaspadaan. Oleh karena itu, ada dua periode waktu tidur, yaitu waktu tidur malam yang panjang dan siang yang pendek. Namun di kehidupan modern seperti sekarang, orang tidak punya cukup waktu untuk tidur karena harus sudah berada di meja kantor lagi. Padahal, tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidur siang dapat meningkatkan sistem metabolisme, mencegah penuaan dini, meningkatkan daya ingat dan membantu menjaga kewaspadaan mental.

Tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1 dan 3 siang. Sebaiknya tidak tidur lebih dari 45 menit karena jika lebih Anda justru akan terbangun dengan ‘kepala berat’.

Dari berbagai sumber