Tidur Siang, Cara Menyenangkan Meningkatkan Kreativitas

DokterSehat.Com – Banyak orang dewasa yang mengeluhkan banyaknya kesibukan yang harus Ia lakukan setiap harinya sehingga harus rela untuk melewatkan waktu tidur siang. Beberapa orang pekerja bahkan rela menghabiskan waktu istirahat siangnya untuk tidur siang meskipun hanya sebentar. Dengan melakukan tidur siang, kita seakan-akan melakukan penyegaran ulang pada tubuh kita. Banyak orang yang mengaku jika tidur siang bisa membuat mereka kembali bersemangat untuk melakukan pekerjaan. Secara medis sendiri, tidur siang memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh seperti sebagai berikut.

doktersehat-tidur-siang-sehat-kreatif-kantor-kerja

Pakar kesehatan Jim Home yang berasal dari Loughborough University menyebutkan jika sebenarnya secara alamiah manusia membutuhkan dua kali waktu tidur dimana pada siang hari kita membutuhkan waktu tidur yang pendek dan di malam hari kita membutuhkan waktu tidur yang panjang. jika orang yang rutin melakukan tidur siang akan cenderung lebih baik dalam menjaga keseimbangan hormonal tubuh, meningkatkan fungsi jantung, memperbaiki sel tubuh, dan meningkatkan kreatifitas. Home juga berujar jika mereka yang rutin tidur siang walaupun sebentar akan cenderung terlihat lebih muda, lebih bugar, dan lebih aktif.

Pakar kesehatan lain, dr. Matthew Walker dari University of California melakukan sebuah penelitian pada 39 orang dewasa muda dimana partisipan ini dibagi menjadi kelompok yang melakukan tidur siang dan kelompok yang tidak melakukannya. Hasilnya adalah, mereka yang rutin melakukan tidur siang akan cenderung lebih fokus, lebih cerdas, dan berpikir dengan lebih cepat. Dr. Walker menyebutkan jika meskipun kita tidur siang hanya 1 jam saja, kita mampu membuat pengaruh besar pada kinerja otak dimana proses penyimpanan informasi akan cenderung semakin meningkat.

Dengan adanya fakta ini, jangan sia-siakan waktu jika kita mendapatkan kesempatan untuk tidur siang. Pejamkanlah mata sebentar dan kita pun akan menjadi orang yang lebih kreatif dan jauh lebih cerdas.