Tidur Siang Bisa Mencegah Tekanan Kesehatan Mental Pada Bayi

DokterSehat.Com – Moms, demi menjaga kesehatan buah hati, pastikan balita anda memiliki waktu untuk tidur siang. Pasalnya dalam sebuah penelitian terbaru dari universitas colorado boulder, balita yang tidak tidur siang akan mengalami peningkatan stres dan lebih besar risikonya terhadap masalah kesehatan mental seumur hidupnya.

doktersehat-bayi-rambut-rontok-tidak-boleh-minum-air-putih-bawah-enam-bulan

Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena memang Balita membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa, yaitu berkisar antara delapan hingga 12 jam, bahkan lebih. Sehingga jika balita tidak tidur siang, maka hal itu sudah sama saja dengan memangkas kebutuhan waktu tidur mereka.

Adapun metode penelitian dilakukan dengan melihat ekspresi wajah balita yang tidak tidur siang dan tidur siang, dimana kedua kelompok balita tersebut dibiarkan bermain puzzle. Dan hasilnya, balita yang tidur siang terlihat akan lebih dapat optimal dan menikmati permainan, serta memiliki rasa ingin tahu dengan permainan yang dijalankan.

Adapun Balita yang tidak tidur siang terlihat lebih cepat merasakan kelelahan, dengan terlihat dari wajahnya yang lelah.

Studi ini menunjukan kurang tidur akan berhubungan dengan suasana hati. Balita yang kurang waktu tidur, dalam hal ini tidak memiliki waktu tidur di siang hari akan membuat anak mengekspresikan perasaan dengan cara yang berbeda dari anak yang memiliki waktu tidur cukup. Sehingga dari waktu ke waktu, bila terakumulasikan (sering terjadi) maka dapat mempengaruhi pembentukan perkembangan otak secara emosional, ujar Prof LeBourgeois, sebagaimana yang dilansir dari Dailymail.

Sama seperti gizi yang baik, tidur yang cukup merupakan kebutuhan dasar, tambahnya.