Tidur Mikro Saat Berkendara

DokterSehat.Com – Jika kita akan berkendara, baik itu dengan memakai mobil atau kendaraan roda dua, kita harus memastikan bahwa tubuh kita berada dalam kondisi paling fit sehingga kita bisa berkonsentrasi penuh pada kendaraan dan juga lalu lintas. Dengan kondisi yang tidak fit, kita bisa berkendara dengan kondisi mengantuk karena bosan atau bahkan karena melamun. Jika hal ini terjadi, kita bisa saja mengalami kecelakaan yang bisa membahayakan nyawa kita sendiri atau penumpang lainnya. Salah satu penyebab kecelakaan yang membahayakan adalah tidur mikro atau microsleep yang bisa menyerang siapa saja.

doktersehat-menyetir-mobil

Tidur mikro atau microsleep adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami fase tidur namun dalam jangka waktu yang sangat pendek. Biasanya tidur mikro sendiri hanya berlangsung paling lama adalah tiga puluh detik saja. Memang, jangka waktu setengah menit ini sangatlah singkat untuk dianggap sebagai tidur. Namun, mengingat jika kita lengah dari kondisi jalan meskipun hanya sepersekian detik saja, bisa jadi kita mengalami kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

Pengendara yang mengalami fase tidur mikro biasanya tidak menyadari dirinya telah kehilangan fokus atau tertidur sesaat dan merasa bahwa Ia benar-benar dalam konsentrasi penuh dalam mengendalikan kendaraannya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Kelelahan biasanya menjadi faktor utama mengapa kondisi microsleep bisa terjadi. Kurangnya waktu tidur, kelelahan fisik maupun mental, hingga depresi akibat lingkungan kerja atau keluarga bisa membuat kita mengalami tidur mikro saat berkendara.

Untuk menghindari mengalami tidur mikro, anda harus melihat ke diri anda sendiri apakah anda dalam kondisi yang kelelahan dan kurang konsentrasi atau tidak. Jika iya, ada baiknya anda menghentikan kendaraan anda dan beristirahat atau setidaknya berjalan-jalan sebentar. Jika anda berkendara dalam jangka waktu yang lama. Ada baiknya anda berhenti setiap dua hingga lima jam untuk menyegarkan tubuh anda dan menghindarkan kondisi tidur mikro ini. Kopi, minuman energi, atau bahkan suara radio yang keras tidak akan menghindarkan anda dari kondisi tidur mikro jika anda memang dalam kondisi lelah. Jadi, cara terbaik menghindari kondisi ini adalah hanya menepi dan beristirahat untuk sementara waktu.