Tidur Lebih Lama di Akhir Pekan Bisa Membuat Kita Lebih Cerdas dan Langsing

DokterSehat.Com – Karena berbagai kesibukan dan tuntutan untuk bangun lebih awal di hari kerja, cukup banyak orang yang mengalami kurang tidur. Demi mensiasati masalah kurang tidur tersebut, mereka pun memilih untuk tidur dengan lebih lama di akhir pekan. Tak hanya membuat badan terasa lebih nyaman, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul Sleep ini juga mengungkapkan bahwa tidur dengan lebih lama di akhir pekan ternyata bisa membuat otak menjadi lebih cerdas dan tubuh menjadi lebih langsing. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Dalam penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 2.156 partisipan orang dewasa ini, diketahui bahwa para partisipan diobservasi kebiasaan tidurnya dan indeks massa tubuhnya. Hasilnya adalah, mereka yang cenderung tidak mendapatkan waktu tidur dengan cukup pada hari kerja namun mengkompensasikannya dengan tidur lebih lama di akhir pekan ternyata cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan tidur lebih lama di akhir pekan ini ternyata mampu memberikan efek perlindungan bagi kesehatan tubuh, khususnya dari hal yang berkaitan dengan obesitas.

Mereka yang mengalami masalah kurang tidur ternyata cenderung memiliki keinginan berlebih untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini disebabkan oleh kurang tidur yang mampu membuat kadar gula naik dan membuat kita cenderung mudah lelah dan lapar.

Tak hanya bisa menjaga tubuh tetap langsing, tidur yang lebih lama di akhir pekan ternyata bisa membuat otak menjadi lebih cerdas. Sebagai informasi, tubuh yang lelah akan membuat otak menjadi lebih lesu dan hal ini bisa menurunkan daya ingat dan kemampuan memproses informasi. Saat tidur, otak sebenarnya memproses kembali informasi yang sebelumnya terlupakan sehingga jika kita tidur dengan waktu yang cukup, maka daya ingat dan penyerapan informasi menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Ini Bahaya Lain Kurang Tidur Bagi Anda

Melihat adanya fakta ini, tidak ada salahnya jika kita memanjakan diri di akhir pekan dengan cara tidur lebih lama karena bisa membantu menyehatkan dan menyegarkan otak kita.