Tidur Lebih Cepat, Anak Pun Akan Menurunkan Resiko Terkena Obesitas

DokterSehat.Com – Anggapan bahwa anak yang gemuk adalah anak yang sehat haruslah kita singkirkan karena hal ini sama sekali tidak benar adanya. Anak juga harus menjaga berat badannya tetap ideal sehingga terhindar dari masalah obesitas yang bisa meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari. Selain menata pola makan yang sehat dengan gizi seimbang, ada baiknya orang tua juga mulai memperhatikan pola tidur sang anak, khususnya bagi anak-anak yang berusia tiga hingga enam tahun. Hal ini dikarenakan ada sebuah penelitian yang menunjukkan jika anak-anak pada usia tersebut tidur dengan lebih cepat, maka mereka bisa menurunkan resiko terkena obesitas di kemudian hari.

doktersehat-jam-tidur-anak-berpengaruh-obesitas

Penelitian ini sendiri dilakukan oleh Sarah Anderson dari Ohio State University College of Public Health, Amerika Serikat dan dipublikasikan di Journal of Pediatrics. Professor Anderson dan timnya meneliti waktu tidur dari 977 anak-anak dengan usia tiga hingga enam tahun dan kemudian mengecek kembali tinggi dan berat badan anak-anak tersebut tatkala mereka sudah berusia 15 tahun. Hasilnya adalah, anak yang di masa pra sekolah tidur setelah jam 9 malam akan dua kali terkena obesitas di usia remaja dibandingkan dengan anak-anak yang tidur pada pukul 9 malam.

Menurut Anderson, kurangnya waktu tidur pada usia anak-anak bisa menyebabkan perubahan hormon yang ikut menentukan nafsu makan dan metabolisme. Hal ini bisa berpengaruh besar pada meningkatnya resiko terkena masalah berat badan berlebihan. Tak hanya itu, jika anak masih terjaga hingga larut malam, ada kemungkinan mereka akan lelah dan menjadi lebih rewel sehingga lebih sulit untuk tertidur.

Dengan adanya hasil penelitian ini, ada baiknya orang tua lebih baik dalam mengawasi waktu tidur anak sehingga mereka bisa tidur lebih cepat. Pastikan bahwa anak tidak lagi dalam kondisi melihat televisi atau bermain dengan gadget yang bisa membuat mereka masih terjaga. Jika perlu, bacakan cerita di tempat tidur sehingga anak pun bisa segera tertidur dengan cepat.