Tidur di Pagi Hari Bisa Tingkatkan Resiko Diabetes dan Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Banyak orang yang beranjak untuk tidur lagi setelah melakukan aktifitas yang cukup banyak setelah bangun tidur. Tidur pagi kerap kali dianggap sebagai sebuah keistimewaan, khususnya bagi pekerja yang ingin menikmati waktu tidur tambahan di akhir pekan sebagai masa untuk bermalas-malasan. Meskipun setelah bangun badan akan terasa segar dan tidak lelah, tidur di kala pagi hari sebelum jam 11 ternyata bisa memberikan dampak yang buruk bagi tubuh.

doktersehat-obat-tidur

Mempengaruhi Produktivitas, Metabolisme, dan Sebabkan Sakit Kepala
Meskipun anda merasa puas karena bisa tidur dengan lebih lama, tidur sebelum jam 11 siang ternyata berimbas pada rasa lesu untuk melakukan berbagai aktifitas selama seharian penuh. Bagaimana tidak, sistem metabolisme tubuh menjadi kacau dan tidak sesuai dengan jam biologis normal. Tubuh memiliki ritme harian untuk beraktifitas dan beristirahat. Saat malam hari tubuh akan mengatur badannya untuk beristirahat, dan saat pagi hari tubuh akan diatur untuk bekerja atau setidaknya berkegiatan. Hal ini tentu bisa menyebabkan percepatan metabolisme yang drastis dan bahkan bisa membuat tubuh lesu seharian. Tidur di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena cairan serebrospnia justru mengalir ke dalam otak. Cairan inilah yang menjadi sebab sakit kepala.

Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes dan Jantung
Dikarenakan sistem metabolisme tubuh semakin menurun, tubuh pun beresiko mendapatkan penyakit diabetes. Dengan sistem metabolisme yang menurun, maka pengendalian kadar gula dalam darah pun menjadi semakin berantakan sehingga kadar gula darah pun berlebihan dan membuat masalah diabetes. Selain itu, mereka yang tidur di pagi hari juga beresiko mendapatkan penyakit jantung hingga 38 persen. Dengan adanya resiko terkena penyakit berbahaya ini, tubuh tentu memiliki resiko mendapatkan kematian yang lebih besar. Beberapa penyakit lain yang tentu bisa menyerang mereka yang hobi tidur di pagi hari adalah masalah pada saluran pencernaan, anemia atau kurang darah, dan juga semakin tidak seimbangnya fungsi otak.

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Bronkitis Dan Asma

Dengan segala keburukan dari kebiasaan tidur di pagi hari, maka kita pun harus mempertimbangkan kebiasaan ini. Jika kita ingin tidur dengan cukup, maka usahakan kita berangkat tidur lebih awal dari biasanya dan sebaiknya tidak melewati tengah malam. Dengan cara ini, tubuh pun segera siap dan segar di pagi hari sehingga kita tidak mengantuk sebelum jam 11 siang.