Tidur Dengan Lampu Tidak Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Setiap orang membutuhkan tidur setidaknya enam hingga delapan jam per hari agar tubuhnya tetap dalam kondisi yang sehat dan fit. Dengan tidur, tubuh seperti mengisi ulang baterai pada tubuhnya dan segala penat dan racun pun dinetralisir oleh tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit. Yang unik adalah, mengapa hampir semua manusia akan tidur saat malam hari? Ternyata jawabannya adalah, karena secara biologis tubuh kita ternyata lebih membutuhkan waktu tidur yang tenang dan nyaman tanpa adanya cahaya dan keributan untuk istirahat dengan berkualitas. Hal ini berarti, jika kita tidur dengan lampu menyala, maka bisa jadi hal ini justru kurang sehat bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Saat kita tidur dengan lampu menyala, maka tubuh kita akan memproduksi melatonin dengan sangat tidak maksimal. Enzim melatonin sendiri adalah sejenis enzim yang diproduksi saat manusia tidur dan mampu menahan perkembangan penyakit kanker atau bahkan sel tumor, dua penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Sinar lampu yang terang ternyata bisa membuat tidur menjadi kurang optimal dan produksi melatonin pun menjadi lebih berkurang sehingga resiko mendapatkan dua penyakit ganas ini pun meningkat. Disamping itu, lampu tidur yang terang juga bisa membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih kacau sehingga nutrisi dari makanan pun cenderung tidak bisa diserap dengan baik.

Tidur dengan lampu yang menyala sendiri bisa menyebabkan kualitas tidur yang jauh menurun. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidur dengan lampu menyala memiliki resiko mendapatkan insomnia lebih besar daripada yang mematikan lampu. Dengan lampu yang menyala, kadang kala kita juga terbangung di tengah malam sehingga waktu tidur kita pun menjadi kurang optimal karena merasa kurang tidur.

Baca Juga:  Benarkah Mitos Bahwa Arang Bisa Membuat Gigi Kita Putih Dengan Cepat?

Dengan tidur yang kurang optimal, kita bisa merasakan tubuh menjadi lebih lesu, kurang konsentrasi, dan bahkan dalam beberapa kasus bisa meningkatkan stress dan depresi. Hal ini dikarenakan secara biologis tubuh mengalami kurang istirahat. Untuk menghindari berbagai hal ini, ada baiknya anda mulai mempertimbangkan mematikan lampu demi waktu istirahat yang nyenyak dan optimal, bukan?