Tidur Dengan Kondisi Rambut Berikut Akan Membuat Rambut Rusak

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu akan berharap agar rambutnya memiliki tampilan yang sehat dan menarik setiap saat sehingga bisa membuatnya menjadi percaya diri. Sayangnya, kita kerap kali tidak melakukan perawatan yang cukup atau bahkan memperlakukan rambut secara seenaknya sehingga rambut pun mudah rusak. Sebagai contoh, banyak wanita yang kerap memakai catok hingga berkali-kali memakai pengering rambut. Selain itu, kadangkala kita juga tidur dengan cara yang salah sehingga rambut pun semakin rusak, kusut, dan terlihat tidak sehat. Apa sajakah hal yang kerap kita lakukan saat tidur namun bisa merusak rambut kita?

doktersehat-kesehatan-rambut

Langsung tidur setelah berkeramas
Kadangkala kita baru bisa pulang dari pekerjaan saat malam hari dan langsung mandi sambil berkeramas. Sayangnya, badan yang bersih akan cenderung membuat kita segera ingin tidur meskipun rambut sebenarnya masih dalam kondisi basah. Andai kita tetap tidur sebelum menunggu rambut kita mengering, maka yang terjadi adalah rambut kita akan mudah rontok. Pakar kesehatan rambut menyebutkan jika saat basah, rambut akan menjadi lebih kering karena ikatan kimianya sedang dalam kondisi yang lebih rapuh. Andai kita langsung tidur, maka rambut akan banyak tergesek oleh kepala dan bisa mengalami kerusakan.

Mamakai sarung bantal dari bahan katun
Sarun bantal dari bahan katun ternyata bisa membuat rambut kita menjadi lebih kusut. Cobalah untuk memakai bahan sarung bantal yang lebih lembut layaknya satin yang akan mencegah gesekan pada rambut saat tidur dan mencegahnya terkena kerusakan.

Menyisir rambut sebelum tidur
Andai kita menyisir rambut sebelum tidur, maka rambut akan cenderung lebih tertekan dan pada akhirnya mengalami kerusakan. Andai kita ingin merapikan rambut sebelum tidur, ada baiknya gunakan sisir dengan gigi yang agak renggang sehingga tidak akan membuat rambut terlalu tertarik.

Baca Juga:  PENYAKIT GAGAL JANTUNG

Mengikat rambut saat tidur
Mengikat rambut akan membuat rambut lebih tertarik dari akar, dan tarikan ini akan menjadi lebih kencang andai kita kerap mengubah posisi kepala saat tidur sehingga bisa memicu kerontokan atau bahkan traksi alopecia, kondisi dimana rambut tidak rata panjang-pendeknya dan cenderung lebih tipis. Ada baiknya kita gerai saja rambut saat tidur demi mencegah masalah rambut ini.