Tidur Adalah Cara Alami Bagi Tubuh Dalam Membersihkan Otak

DokterSehat.Com – Masih banyak sekali orang yang menyepelakan waktu tidur yang berkualitas. Mereka berpikir jika asalkan tidur sudah bisa menghilangkan rasa kantuk, maka mereka sudah mendapatkan tidur yang cukup. Padahal, jika kita tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, maka kita pun tidak akan mampu melakukan pembersihan pada berbagai bagian tubuh, termasuk diantaranya adalah otak. Tanpa kita sadari, otak ternyata sangat membutuhkan waktu tidur sebagai waktu untuk membersihkan berbagai racun yang terkumpul selama beraktifitas seharian.

doktersehat-lesi-otak-delirium-penurunan-fungsi

Pakar kesehatan dari University of Rochester Medical Center Amerika Serikat, menyebutkan jika salah satu penyebab mengapa manusia butuh tidur adalah adanya proses pembersihan tubuh dari berbagai racun-racun tersebut. Pada penelitian yang mereka lakukan, diketahui jika sel-sel otak mengalami penyusutan selama waktu tidur sehingga jarak antar neuron pun lebih terbuka bagi cairan pembersih otak untuk masuk dan bekerja. Hal ini berarti, mereka yang menyepelekan waktu tidur akan tidak memberikan kesempatan bagi cairan ini untuk membersihkan berbagai racun di dalam otak. Padahal, jika ada banyak protein beracun di dalam otak, maka otak pun beresiko tinggi mengalami gangguan, khususnya pada hal daya ingat.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Dr. Maiken Nedergaard menyebutkan jika otak ternyata memiliki energi yang cenderung terbatas sehingga kita hanya mampu memilih mode terjaga atau tidur untuk aktifitas pada otak kita. Tidur memiliki fungsi penting bagi otak untuk bisa terus bertahan hidup karena adanya sistem glympathic, sistem yang membersihkan limbah dan racun keluar dari otak sehingga otak pun dapat berfungsi dengan benar saat terjaga.

Penelitian ini sendiri dilakukan pada otak-otak pada tikus percobaan dimana didapatkan fakta bahwa sistem glymphatic pada otak akan 10 kali jauh lebih aktif untuk melakukan fungsinya saat tikus tertidur. Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kita mulai menjaga kesehatan otak kita dengan baik dengan cara yang nikmat; tidur yang berkualitas.