Efek Psikologis dari Melarang

DokterSehat.Com – Melarang untuk sekadar mengingatkan menjauhi sesuatu yang tak baik merupakan salah satu bentuk perhatian dan rasa khawatir kepada orang tersayang. Sayangnya, tak semua bentuk larangan dirasakan positif, bahkan bukan tidak mungkin hal tersebut malah dianggap membatasi hidup mereka.

3570379993_49d6b59139_o

Sama halnya jika larangan itu ditujukan kepada teman atau anggota keluarga dengan diabetes agar tak makan atau minum yang manis. Kecenderungannya, semakin dilarang, dorongan dari dalam untuk mencoba semakin besar. Dampaknya bila larangan dilakukan berulang-ulang bisa menjadi beban pikiran. Kalau sudah begitu mudah memicu timbulnya stres.

Padahal, stres dapat memicu naiknya gula darah dalam tubuh, tentunya efek tersebut berbahaya karena tubuh penderita diabetas tidak mampu mengantisipasi kenaikan gula darah. Lalu bagaimana caranya supaya mereka tak merasa berbeda dalam menikmati makanan atau minuman yang sama?

Berikut tipsnya:

Jadilah seperti mereka

Kuncinya adalah empati. Ya, ketika Anda membedakan apa yang Anda dapatkan dengan apa yang mereka dapatkan, secara tidak langsung Anda menempatkan mereka di posisi yang ‘tidak normal’. Perlakuan seperti ini jelas memancing mereka menginginkan hal-hal yang tidak boleh mereka dapatkan, dan memancing Anda untuk terus melarang.

Dibandingkan mereka yang harus mengubah gaya hidup, mengapa tak sekalian saja terapkan gaya hidup lebih sehat untuk keluarga? Beri perlakuan yang sama untuk Anda dan penderita diabetes yang tinggal bersama Anda. Misalnya, dibandingkan menanak nasi putih dan nasi merah, mengapa tidak memasak nasi merah saja untuk sekeluarga.

Dengan menu santapan yang sama, diabetesi tidak merasa dibedakan, sekaligus menambah kebersamaan. Bonusnya, menu makanan yang aman untuk diabetesi mutlak sehat juga untuk Anda, sehingga risiko diabetes bisa diturunkan.

Baca Juga:  Penyebab diare yang jarang disadari

Manis

Sama halnya dengan rasa manis yang biasa didapat dari gula pasir. Anda dan orang kesayangan yang kebetulan diabetesi masih bisa kok bersama-sama menghindari gula pasir, dan merasakan manis dengan gula rendah kalori. Pada akhirnya, Anda tidak perlu melarang-larang, keluarga Anda yang diabetes tak akan merasa terkungkung dan stres karena dilarang. Hidup sehat, bisa menyenangkan untuk Anda dan keluarga, mulailah dari sekarang.

BACA JUGA : [Info] 15 Istilah Seks