Tidak Selalu Karena Masalah Kesuburan, Susah Hamil Juga Bisa Dipicu Oleh Hal Sepele Ini

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang langsung menyalahkan salah satu atau kedua belah pihak pasangan yang dianggap mengalami masalah kesuburan sehingga tidak kunjung mendapatkan momongan. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada penyebab lain yang sayangnya kerap disepelekan pasangan dan bisa menjadi penyebabnya. Apa sajakah penyebab tersebut?

doktersehat-testpack-tes-kehamilan

Istri terlalu sering mengkonsumsi makanan lemak jenuh
Makanan yang memiliki lemak jenuh yang tinggi seperti makanan cepat saji, pizza, gorengan, snack, biskuit, dan lain sebagainya memang memiliki rasa yang nikmat. Sayangnya, kebiasaan mengkonsumsi makanan tersebut bisa meningkatkan resiko terkena gangguan ovulasi hingga 73 persen! Pakar kesehatan menyarankan kaum hawa yang ingin segera hamil untuk menghindari asupan makanan yang tinggi lemak jenuh dan menggantinya dengan makanan sehat seperti pisang, roti gandum, kacang almond, buah berjenis berry, dan yoghurt.

Istri terlalu bersemangat saat berolahraga
Karena ingin segera mendapatkan perut yang langsing atau menurunkan berat badan, ada sebagian wanita yang terlalu memforsir diri saat berolahraga. Tak disangka, hal ini ternyata bisa mempengaruhi kemampuannya untuk segera hamil. Berolahragalah dengan wajar demi mencegah hal ini.

Suami stress
Jika suami kerap mengalami stress karena pekerjaan atau masalah lainnya, maka Ia akan cenderung mudah terkena gangguan kesuburan yang tentu akan menurunkan kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan.

Memakai pelumas yang tidak tepat
Beberapa jenis pelumas yang dipakai untuk berhubungan intim ternyata bisa membunuh sperma pria dan akhirnya membuat kehamilan tak kunjung bisa didapatkan.

Indeks massa tubuh istri terlalu rendah
Jika indeks massa tubuh istri terlalu rendah, maka ovariumnya tidak akan berfungsi dengan baik dan meningkatkan resiko terkena gangguan kesuburan. Cobalah untuk lebih baik dalam menjaga pola makan yang bergizi sehingga mendapatkan indeks massa tubuh yang ideal.

Baca Juga:  Berapa Kali Pasangan Harus Berhubungan Intim Agar Bisa Hamil?

Salah menghitung masa subur
Kesalahan ini paling sering dilakukan oleh pasangan sehingga tidak kunjung bisa mendapatkan kehamilan. Jika anda ragu dengan perhitungan siklus masa subur, anda bisa menggunakan beberapa aplikasi smartphone yang bisa memprediksi masa subur dengan lebih akurat.