Tidak Selalu Kanker, Payudara Padat Dan Terasa Benjol Bisa Saja Disebabkan Oleh Hal Ini

DokterSehat.Com – Banyak wanita yang langsung panik tatkala menemukan payudaranya terasa lebih keras, lebih padat, terasa sakit, atau bahkan muncul benjolan. Adanya benjolan ini kerap kali dikaitkan dengan penyakit mematikan kanker payudara. Memang, ada baiknya wanita segera memeriksakan hal ini ke dokter, namun, wanita juga tidak perlu panik berlebihan karena kadangkala kondisi payudara tersebut ternyata disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

doktersehat-kanker-payudara-breast-cancer

Kita memiliki jaringan payudara yang padat
Pakar kesehatan Parvin Peddi, M.D dari UCLA menyebutkan bahwa payudara wanita ternyata terdiri dari jaringan lemak dan saraf. Jaringan ini ternyata tidak selalu merata sehingga menyebabkan payudara terkadang terasa menonjol pada bagian tertentu. Selain itu, andai memang kita memiliki jaringan payudara yang cenderung padat dan kencang, maka hal ini bisa terjadi.

Kita sedang menstruasi
Saat sedang menstruasi, terjadi perubahan hormon dalam tubuh wanita sehingga menyebabkan payudara menjadi lebih padat, lebih keras, lebih membusung, namun juga lebih mudah sakit. National Cancer Institute menyebutkan bahwa pembengkakan atau rasa sakit pada payudara sangatlah terjadi saat fase menstruasi tiba.

Kita sedang terkena pembekuan darah
Kadangkala benjolan pada payudara ternyata disebabkan oleh penyakit mondor, kondisi dimana pembuluh darah di bawah kulit payudara mengalami pembekuan darah. Tak hanya menimbulkan benjolan, penyakit ini juga bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Kita terkena kista
Pakar kesehatan kandungan bernama Sherry Ross, M.D, menyebutan bahwa benjolan pada payudara bisa saja disebabkan oleh kista atau fibrosis. Menurut beliau, 60 persen wanita di seluruh dunia ternyata bisa terkena kista sehingga membuat bagian payudara yang terkena kista ini menjadi lebih padat.

Terkena jaringan abnormal tumor
Kadangkala, benjolan pada payudara ternyata disebabkan oleh kondisi yang disebut sebagai fibroadenoma, kondisi dimana jaringan tumor non-kanker tumbuh dan tidak akan berkembang menjadi kanker. Hal ini bisa terjadi pada wanita dengan usia 20an hingga 30an tahun.