Tidak Memakai Handuk Hingga Kering Bisa Membahayakan Kesehatan Organ Vital Wanita

DokterSehat.Com – Bagi kaum hawa, menjaga kesehatan organ vital wanita adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Bagaimana tidak, organ vital wanita cukup rentan mendapatkan berbagai macam masalah kesehatan jika tidak dirawat dengan benar. Sebagai contoh, banyak wanita yang mengeluhkan organ vitalnya mengalami serangan jamur atau mengeluarkan cairan keputihan yang sangat tidak normal. Sayangnya, kadangkala masalah pada organ vital wanita ini disebabkan oleh hal yang sebenarnya cukup sepele, yakni tidak benar-benar mengeringkan organ vital dengan handuk setelah mandi. Hal ini ternyata bisa memicu masalah kesehatan bagi vagina.

doktersehat-handuk-kering-bahaya-organ-vital-wanita-paha-gatal

Sebuah penelitian yang melibatkan banyak partisipan dari kaum wanita mengungkapkan jika sebagian wanita cukup malas untuk benar-benar mengeringkan tubuhnya dengan handuk, khususnya di bagian organ vitalnya, dan segera berpakaian saat kondisi kulit sebenarnya masih basah. Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan vagina wanita.

Jason James, M.D., pakar kesehatan dari Miami FemCare Ob-Gyn, menyebutkan jika ada resiko besar organ vital wanita terkena infeksi jamur hanya karena kebiasaan buruk ini. Sebagaimana diketahui, jamur sangatlah menyukai lingkungan yang cenderung lembab. Jika wanita kerap mandi di musim panas dan cenderung malas mengeringkan tubuhnya dengan baik setelah mandi atau berang, atau karena banyaknya keringat pada area kelamin, dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi jamur yang bisa membuat kulit terasa gatal-gatal. Selain itu, adanya gesekan dengan pakaian di dalam kondisi yang lembab tentu akan membuat adanya perubahan pH pada organ vital wanita yang akan semakin memperburuk infeksi jamur.

James menyarankan kaum hawa untuk memberikan sedikit waktu untuk benar-benar membuat area organ vital wanita menjadi kering sebelum berpakaian, andaipun kita sedang terburu-buru, cobalah untuk memakai pakaian sementara terlebih dahulu sebelum memakai pakain dalam karena berpotensi membuat pakaian dalam menjadi basah dan lembab, yang tentu akan buruk bagi kesehatan organ vital.