Tidak Melepas Sepatu Sesampainya di Rumah Bisa Menyebarkan Bakteri Penyebab Penyakit

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang malas melepas sepatu yang baru saja dipakai setelah pulang dari tempat kerja atau perjalanan hingga ke dalam rumah. Mereka berpikir jika asalkan sepatu tidak kotor atau terkena lumpur, maka hal ini tidak apa-apa untuk dilaporkan. Namun, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita segera melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah karena jika kita tetap membawanya, maka kita bisa menyebarkan bakteri yang menyebabkan penyakit di dalam rumah.



Pakar kesehatan Profesor Kevin Garey yang berasal dari Houston University, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa meskipun sepatu terlihat bersih, dalam realitanya sepatu bisa memiliki berbagai macam bakteri yang berasal dari berbagai tempat yang kita lewati sebelumnya. Padahal, bakteri-bakteri yang bisa memicu datangnya penyakit ini bisa berkembang biak dengan cepat dan akhirnya menyebar ke berbagai penjuru rumah.

Dalam penelitiannya, Garey meneliti sekitar 2.500 sampel dari sol sepatu dimana sekitar 25 persen diantaranya ternyata memiliki berbagai jenis serangga dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kesehatan layaknya kram perut atau diare. Bahkan, penelitian sebelumnya yang memiliki tema yang sama dan dilakukan pada tahun 2016 di University of Arizona menemukan fakta mengerikan dimana terdapat 440 ribu bakteri yang hidup pada sol sepatu hingga waktu dua minggu. Bahkan, diketahui bahwa bakteri ternyata lebih mudah berkembang biak di sepatu dibandingkan dengan di toilet.

Dalam penelitian ini, diketahui bahwa andai seseorang tetap menggunakan sepatu untuk berjalan di atas lantai yang bersih, maka 90 persen bakteri pada sepatu ini akan mencemari lantai tersebut sehingga lantai pun akan menjadi sarang bakteri. Tak hanya itu, berbagai racun juga diyakini bisa ikut masuk gara-gara penggunaan sepatu di dalam rumah ini.

Baca Juga:  Waduh, Membawa Tas Belanja Sendiri Ternyata Ada Resikonya

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tak lagi menggunakan sepatu dan segera melepasnya sebelum masuk ke dalam rumah agar lantai rumah tidak menjadi sarang bakteri penyebab penyakit.