Kenali Penyebab Penyakit Asam Urat, Bagaimana Mengatasinya?

asam-urat-gout-doktersehat

DokterSehat.Com– Meskipun jumlah penderitanya sudah cukup banyak, dalam realitanya masyarakat belum benar-benar mengetahui dengan pasti cara mencegah masalah asam urat.

Sebagai informasi, penyakit asam urat terjadi saat terjadi gangguan metabolisme asam urat pada tubuh yang bisa memicu munculnya rasa nyeri dan pembengkakan pada persendian. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya asam urat.

Asam Urat karena Salah Pola Makan

Penyebab utama dari masalah asam urat adalah pola makan yang tidak sehat, khususnya jika sering mengonsumsi makanan dari bahan daging, makanan laut, serta minuman dengan pemanis buatan atau fruktosa. Batasilah asupan makanan-makanan tersebut dan perbanyaklah asupan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Berbagai Penyakit Pemicu Asam Urat 

Beberapa kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, masalah ginjal, masalah jantung, sindorm metabolik, hingga masalah tekanan darah tinggi ternyata juga bisa menjadi penyebab datangnya masalah asam urat. Penderita masalah kesehatan tersebut harus berhati-hati dalam menjaga kesehatannya demi mencegah datangnya masalah persendian ini.

Obesitas Sebabkan Asam Urat
Dampak lain dari masalah kelebihan berat badan atau obesitas adalah munculnya masalah asam urat. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang kesulitan dalam menyingkirkan kadar asam urat yang ada dalam tubuh. Karena alasan inilah ada baiknya kita menjaga berat badan tetap dalam kondisi ideal.

Faktor Lain Penyebab Asam Urat

Faktor lain yang bisa menyebabkan masalah asam urat adalah konsumsi obat tertentu, khususnya obat diuretik dan aspirin, riwayat keluarga, dan usia serta jenis kelamin.

Sebagai informasi, jika ada anggota keluarga yang mengalami asam urat, maka kita juga akan cenderung mudah mengalaminya. Selain itu, kaum hawa ternyata lebih rentan terkena asam urat dibandingkan dengan pria, khususnya yang sudah mencapai fase menopause.